Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak-anak

Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak-anak

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain; tabiat; watak (KBBI Daring). Karakter ini bukan bawaan lahir tetapi dibentuk melalui proses pendidikan oleh orang tua terhadap anak-anaknya. Perilaku seseorang ketika masuk masa dewasa adalah hasil dari pendidikan karakter di masa anak-anaknya.

Bagaimana membangun karakter anak-anak sejak dini? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter anak yang baik. Masa anak-anak adalah masa yang penuh kegembiraan. Masa-masa penuh kegembiraan ini harus tetap dijaga meskipun untuk tujuan  pembelajaran. Hal yang harus diingat adalah, meskipun dalam proses pembelajaran, anak-anak harus tetap dalam kondisi gembira.

Salah satu kesukaan anak-anak adalah bernyanyi dan melihat film yang lucu. Kesukaan anak-anak ini bisa dijadikan pintu masuk untuk mulai membentuk karakter. Musik dengan lirik lagu yang ceria bisa dijadikan media untuk membantu membentuk karakter anak. Anak-anak bisa merasakan kehadiran musik untuk menemani mereka dalam bermain.

Musik memiliki dampak positif dalam perkembangan emosional anak. Kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik bisa dihindarkan dengan bantuan musik. Para pakar psikologi anak banyak menggunakan lagu-lagu permainan untuk melakukan berbagai penelitian. Hasilnya adalah karakter anak akan lebih mudah dibentuk dengan bantuan lagu yang liriknya permainan atau keceriaan. Lirik lagu terbukti mampu mempengaruhi kejiwaan anak-anak. Menggunakan musik dengan lirik yang tepat bisa membuat kejiwaan anak-anak tumbuh dengan normal.

Salah satu karakter anak yang paling penting dibentuk sejak dini adalah sikap menghormati orang tua. Anak-anak yang tumbuh tanpa rasa hormat kepada orangtuanya akan memiliki masalah dalam pergaulan sosialnya. Anak yang memiliki rasa hormat kepada orangtuanya, maka akan lebih mudah bergaul karena memiliki karakter menghormati orang-orang lain di lingkungannya.

Banyak jenis musik yang bisa digunakan untuk membentuk karakter anak. Situs Youtube menyediakan banyak video musik dengan tampilan animasi yang lucu sehingga menarik minat anak-anak. Orangtua bisa memilihkan video yang tepat untuk anak-anak mereka melalui berbagai kanal yang tersebar di Youtube.

One thought on “Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak-anak

  1. Thanks for the marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you may be a
    great author.I will make certain to bookmark your blog and will come back in the foreseeable future.
    I want to encourage you to definitely continue your great writing,
    have a nice day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *