Mengenalkan Adat Sejak Kecil

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adat adalah wujud gagasan kebudayaan yang terdiri atas nilai-nilai budaya, norma, hukum, dan aturan yang satu dengan yang lain berkaitan menjadi suatu sistem.

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya dengan berbagai adat yang telah berkembang sejak ratusan tahun. Sayangnya, berbagai adat yang telah menjadi warisan bangsa ini terancam seiring perkembangan dunia yang lebih menonjolkan kebudayaan barat dibandingkan kebudayaan bangsa sendiri. Generasi muda di Indonesia, terutama anak-anak semakin tidak mengenal berbagai peninggalan leluhur yang beberapa diantaranya telah menjadi bagian dari World Herritage yang telah mendapatakan verifikasi oleh UNESCO.

Beberapa jenis adat yang sudah banyak dilupakan adalah pakaian. Indonesia merupakan negara dengan jumlah suku terbanyak di dunia. Setiap suku ini memiliki pakaian adat yang merupakan bagian dari identitas kesukuan tersebut. Biasanya, pakaian adat ini akan dikenakan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, upacara tradisi, atau karnaval memperingati kemerdekaan setiap 17 Agustus.

Minimnya pakaian adat digunakan menyebabkan generasi muda sangat jarang menyaksikan bagaimana bentuk dan pakaian adat. Jika hal ini dibiarkan, tentu saja akan mengancam keberadaan pakaian adat dari berbagai suku yang ada. Padahal, pakaian adat dibuat tidak hanya melibatkan teknologi yang telah ditemukan oleh para leluhur, tetapi juga memiliki makna atau nilai-nilai filosofis pada setiap bagian dari pakaian adat tersebut.

Di era daring (dalam jaringan) ini, memperkenalkan berbagai adat istiadat bisa dilakukan dengan bantuan website yang mendukung konten video pembelajaran seperti Youtube. Beberapa kanal Youtube mengunggah berbagai jenis video yang mengenalkan jenis-jenis pakaian adat dari setiap suku yang ada di Indonesia. Orang tua bisa memanfaatkan kanal-kanal di Youtube untuk pembelajaran awal bagi anak-anak mereka agar sedini mungkin mengetahui bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku yang kaya dengan adat-istiadatnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *