Mendidik Anak Peduli Lingkungan Sosial

Mendidik Anak Peduli Lingkungan Sosial

Kepedulian terhadap lingkungan sosial merupakan hal yang sangat penting diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Rasa peduli kepada lingkungan ini akan menjadi salah satu pembelajaran ketika anak-anak melakukan interaksi sosialnya. Misalnya anak-anak tidak akan membuang sampah sembarangan, ikut membersihkan lingkungan, atau menolong orang lain.

Perilaku individualis merupakan salah satu gejala yang menjangkiti masyarakat Indonesia di perkotaan. Semangat gotong royong yang menjadi ruh masyarakat semakin memudar di masyarakat perkotaan. Hal ini jika terus dibiarkan akan menghilangkan salah satu ciri khas bangsa yang tidak dimiliki oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

Menanamkan rasa peduli lingkungan sosial sudah seharusnya dilakukan sedini mungkin. Tidak harus membawa anak-anak keluar dari rumah. Mengajari rasa peduli lingkungan bisa dilakukan dari dalam keluarga, seperti membantu orang tua membersihkan rumah, membereskan tempat tidurnya, atau menyapu halaman. Berangkat dari hal-hal yang sederhana ini, maka sedari kecil anak-anak sudah terlatih untuk mengamati lingkungan disekitarnya dan menilai apa yang mereka bisa lakukan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *