Diva Zoo – Mengajak Anak-anak Menyayangi Satwa

Diva Zoo – Mengajak Anak-anak Menyayangi Satwa

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman satwa. Tahun 2013, IBSAP (Indonesia Biodiversity Strategy and Action Plan) melaporkan hasil penelitian bahwa di Indonesia terdapat 515 jenis mamalia, 35 jenis primata, 511 jenis reptil, 1.531 jenis burung, 270 jenis amfibi, dan 212 jenis kupu-kupu. Dari jenis-jenis satwa tersebut banyak yang bersifat endemik.

Kekayaan yang luar biasa ini merupakan anugerah bagi bangsa Indonesia sehingga harus dijaga kelestariannya. Hilangnya salah satu jenis satwa ini, apalagi yang endemik, merupakan kerugian tidak hanya bagi ekosistem tetapi juga bagi generasi penerus. Setiap satwa memiliki keunikan serta manfaat tidak hanya bagi ekosistemnya namun juga bagi manusia.

Pentingnya menjaga kelestarian berbagai satwa ini sudah seharusnya ditanamkan sejak dini terhadap anak-anak. Ketika ada jenis satwa yang punah, maka tidak akan ada lagi gantinya. Kehilangan ini akan menyebabkan kerugian bagi manusia.

Banyaknya satwa yang ada di Indonesia menjadi keterbatasan bagaimana anak-anak mengenal satwa-satwa tersebut. Namun, cara memperkenalkan satwa ini bisa dilakukan melalui berbagai video yang ada di dunia maya. Pengenalan sejak kecil ini akan membawa anak-anak bisa memperlakukan satwa dengan baik dikemudian hari.

One thought on “Diva Zoo – Mengajak Anak-anak Menyayangi Satwa

  1. Hello, i think that i saw you visited my weblog so i got here to return the
    choose?.I am attempting to find things to improve my website!I guess its
    good enough to make use of some of your concepts!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *