Belajar Dengan Bernyanyi

Banyak pakar berpendidikan berpendapat bahwa belajar dengan cara menghafal adalah cara yang tidak tepat. Cara terbaik untuk belajar adalah dengan memahami. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, meskipun tidak bisa dianggap benar seratus persen. Bagi anak-anak yang masih duduk di tingkat playgroup dan Sekolah Dasar, menghafal adalah cara pertama untuk belajar. Hal yang harus diutamakan adalah bagaimana agar anak-anak mampu menghafal dengan baik.

Salah satu cara menghafal dengan baik adalah melalui lagu. Kenapa? Bagi anak-anak, mereka lebih mampu menerima pelajaran yang bersifat kegembiraan. Bernyanyi, adalah salah kegembiraan yang mudah didapatkan oleh anak-anak.

Salah satu pendidikan yang perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini adalah pendidikan agama. Hal ini penting untuk melatih religiusitas anak sedini mungkin. Mengenalkan pendidikan agama sejak dini bisa dilakukan dengan cara bernyanyi, seperti tradisi yang sudah lama diterapkan oleh kalangan masyarakat pedesaan di Indonesia. Ketika selesai adzan, antara waktu dengan iqomat, biasanya anak-anak melantunkan pujian-pujian. Hal inilah yang menjadi kegembiraan anak-anak dan menjadi salah satu sebab mereka bersemangat datang ke musholla atau masjid ketika tibaa waktu Ashar atau Maghrib.

Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, tradisi ini sudah sangat sulit ditemukan. Kebiasaan anak-anak pergi ke musholla ketika Ashar atau Maghrib sulit dilakukan karena waktu luang yang semakin sedikit. Anak-anak perkotaan selesai sekolah menghabiskan waktunya untuk ikut kursus atau les untuk menambah pelajaran mereka di sekolah.

Namun, teknologi informasi mendukung akses untuk mendapatkan tema-tema pembelajaran untuk anak-anak. Melalui kanal Youtube, bisa ditemukan lagu-lagu bertema religius yang bisa dijadikan tema mengajar untuk anak-anak secara mandiri. Adanya kanal-kanal Youtube mengunggah video yang dilengkapi animasi memungkinkan anak-anak belajar dengan penuh kegembiraan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *