Isle of Dog [Rilis: 23 Maret 2018]

Isle of Dog [Rilis: 23 Maret 2018]

Jika film Hollywood mengambil setting tempat di Jepang? Sebenarnya sudah ada film yang melakukannya seperti 47 Warriors yang dibintangi Keanu Reeves atau The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise. Namun, untuk kategori film animasi stopmotion, Isle of Dog adalah film animasi Hollywood pertama yang melakukannya.

Isle of Dog merupakan film animasi petualangan yang disutradari dan ditulis oleh Wes Anderson. Produksi film ini dilakukan melalui kerjasama Annapurna Picture dan Indian Paintbrush. Jika sesuai rencana, Isle of Dog akan rilis perdana pada 23 Maret 2018 di Amerika Serikat melalui perusahaan distribusi Fox Searchlight Pictures.

Film ini mengambil setting Jepang di masa depan, ketika anjing-anjing dikarantina pada sebuah pulau terpencil untuk mengendalikan penyebaran flu anjing yang mewabah. Lima anjing yang dikarantina, yaitu Chief, Rex, Boss, Duke, dan King merasa mereka harus segera lari dari pulau tersebut. Sampai suatu ketika seorang anak kecil bernama Atari Kobayashi datang ke pulau tersebut untuk mencari anjingnya yang bernama Spots. Lima anjing tersebut membantu Atari dan menjaganya dari pemerintah Jepang yang datang untuk menangkapnya.

Produksi Isle of Dog dimulai sejak tahun 2015. Bulan Oktober 2015, Wes Anderson yang sebelumnya menyutradarai Fantastic Mr. Fox mengumumkan akan menggarap film animasi yang berkisah tentang anjing. Beberapa artis Hollywood yang terlibat dalam penggarapan Isle of Dog antara lain Scarlett Johansson, Jeff Goldblum, serta Bryan Cranston. Wes Anderson mengatakan bahwa film ini terinspirasi dari film-film anime karya animator Jepang, Akira Kurosawa.

Pada Oktober 2016, produksi Isle of Dog mulai dilakukan di London, Inggris. Inggris adalah negara yang memiliki banyak ahli dalam bidang stop motion. September 2017, dirilis trailer perdana Isle of Dog. Fox Searchlight Pictures mengumumkan telah mengambil copyright distribusi film pada 23 Desember 2016. Selain Amerika Serikat, Isle of Dogs akan dirilis di beberapa negara lainnya seperti Australia, Inggris, Jepang, Perancis, Selandia Baru, Jerman, Swedia, Belanda, Singapura, dan Turki. Belum diketahui apakah Isle of Dogs nantinya juga akan rilis di Indonesia.

_________

Referensi:

Isle of Dogs (2018), http://www.imdb.com/title/tt5104604/

Isle of Dogs (film), https://en.wikipedia.org/wiki/Isle_of_Dogs_(film)

Isle of Dogs Poster Has First Look at Wes Anderson’s Animated Movie, https://movieweb.com/isle-of-dogs-poster-wes-anderson-animated-movie/

 

 

 

2 thoughts on “Isle of Dog [Rilis: 23 Maret 2018]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *