Animal Behaviour

Animal Behaviour

Film-film bertema antropomorfis (lihat Animapedia) memiliki ikatan yang kuat dengan sejarah animasi modern. Para peletak dasar animasi modern menggunakan karakter antropomorfis dalam berbagai eksperimen mereka untuk menciptakan beberapa film animasi generasi pertama. Emile Reynaud, Emile Cohl, atau Vladislav Starevich semua menggunakan karakter antropomorfis.

Baca –>  Silent Age of Animation

Karakter-karakter antropomorfis bahkan berkembang pesat di masa Golden Age of Animation. Walt Disney, Chuck Jones, Hanna-Barbera, semua berhasil membawa karakter antropomorfis sebagai ikon dalam industri animasi. Karakter-karakter ini berhasil hidup dan memiliki penggemar hingga lintas generasi.

Dunia antropomorfis memang menjadi gudang ide yang tidak terbatas. Di luar industri raksasa animasi, antropomorfis memiliki ruangnya tersendiri bagi animator pemula untuk mengembangkan ide-ide baru. Para animator ini berhasil membuat kanal-kanal baru yang belum sempat digarap atau disadari oleh industri raksasa.

Festival animasi merupakan ruang yang sangat terbuka lebar bagi para animator pemula untuk menyalurkan ide-ide kreatif mereka. Saah satu film animasi independent bertema antropomorfis yang rilis tahun 2018 Animal Behaviour.

Animal Behaviour, film animasi pendek berdurasi 14 menit. Film ini disutradarai oleh David Fine dan Alison Snowden. Rilis perdana Animal Behaviour dilakukan pada 11 Juni 2018 di Annecy Film Festival, Perancis. Rilis kedua dilakukan pada 29 Juni 2019 di Edinburg International Film festival, UK.

Film yang menggunakan teknik animasi 2D komputer ini menceritakan tentang sekelompok hewan yang mengalami kecemasan batin. Untuk mengatasi rasa cemas, mereka melakukan terapi psikologis secara berkelompok.

Ada lima hewan antropomorfis yang bertemu secara rutin untuk melakukan sesi terapi yang dibimbing oleh terapis bernama Dr. Clement. Kelompok sesi terapi tersebut terdiri dari Cheryl (belalang) yang mengalami masalah dengan pasangannya, Todd (babi) yang mengalami gangguan makan, Jeffrey (burung) yang dikejar perasaan bersalah, Lorraine (lintah) yang selalu mencemaskan perpisahan, dan Linda (kucing) yang menderita masalah obsesif kompulsif.

Pada Anima Mundi 2018 yang digelar pada bulan Agustus 2018 lalu, Animal Behaviour berhasil penghargaan Anima Mundi Grand Prize. Selain itu, Animal Behaviour  juga sempat masuk nominasi Best Canadian Short Film pada Toronto International Film festival 2018. Untuk Selanjutnya, Animal Behaviour masih punya peluang untuk berkompetisi di perhelatan prestisius kategori short film pada Academy Award, Annie Award, Emile Award, atau EFA.

Referensi:

Animal Behaviour, https://www.nfb.ca/film/animal_behaviour/

Animal Behaviour, https://www.imdb.com/title/tt8615478/?ref_=ttawd_awd_tt

Animal Behaviour (Zootherapie), https://www.annecy.org/programme/index:film-20181578

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *