Stop Motion Montreal 2018

Stop Motion Montreal 2018

Montreal, merupakan salah satu kota yang penting bagi tumbuh dan berkembangnya animasi, terutama stopmotion. Salah satu genre klasik animasi ini menjadi saksi kelahiran animasi modern ketika bersama animasi 2D merintis film-film animasi dalam format eksperimen paling awal.

Baca –> Stop Motion Montreal

Pada tahun 2018 ini, Festival Stopmotion Montreal telah mencapai edisi yang ke 10. Dibandingkan festival animasi lainnya seperti ITFS, ASIFA, atau Zagreb,  Montreal Stopmotion tergolong sangat muda. Namun, Montreal memiliki keunikan pada kekhususan festival ini dalam bidang stopmotion. Montreal merupakan satu-satunya festival animasi khusus untuk stopmotion.

Sebanyak 1070 film stopmotion mengikuti kompetisi dalam festival edisi ke 10 ini. Montreal Stopmotion  bekerjasama dengan sebuah perusahaan industri Cocktail ketika menginisiasi acara pada 13 September di Auberge Saint Gabriel. Acara inisiasi berhasil mendatangkan lebih dari 100 tamu.

Secara keseluruhan, Stop Motion Montreal 2018 berhasil mendatangkan lebih banyak audiens dibandingkan edisi sebelumnya. Peningkatan audiens mencapai 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Program Masterclass yang diampu oleh Tim Allen menjadi program paling banyak diminati oleh audiens. Presentasi yang dilakukan Tim Allen melebihi ekspektasi pembuat film amatir, kalangan profesional, dan bahkan kalangan pemula yang masih belajar cara membuat film animasi stopmotion.

Pada edisi yang ke 10 ini, Stop Motion Montreal untuk pertama kalinya memperkenalkan teknologi VR (Virtual Reality). Program yang diberi nama Virtual Reality Garden ini dilakukan pada 15 sampai 16 September sore bekerjasama dengan Phi Centre. Auidens diperkenalkan dengan beberapa proyek profesional seperti Sahun The Sheep Movie Barn (Aardman), Oculus Mad God (Wevr / Kaleidoscope / Tipped Studio), Isle of Dog: Behind The Scenes (NoxNext / Fox Searchligt 360-degree, dan Google Spotlight Stories (Felix & Paul Studios). Tamu khusus yang berkontirbusi sebagai animator dalam program ini adalah Tim Allen.

Stop Motion Montreal 2018 digelar selama tiga hari pada 14 – 16 September 2018. Upacara penutupan dan pengumuman award dilakukan pada Salle J.A de Seve, Universitas Concordia. Seleksi film yang mengikuti kompetisi dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari Brenda Baumgarten, Jody Meredith, dan Pierre Pepin. Para dewan juri didampingi oleh Marie Gislais, Development and Partnership Officer dari NAD School.

Referensi:

About, http://www.stopmotionmontreal.com/about/4589667575

Highlights 2018 – 10th Edition, http://www.stopmotionmontreal.com/highlights-2018/4594445869

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *