OIAF

OIAF

Ottawa, sebuah kota yang menjadi ibukota negara Kanada, memiliki perhelatan festival animasi internasional yang berlangsung setiap tahun. Festival ini digagas oleh Canadian Film Institute pada tahun 1975 dan sembilan bulan kemudian Ottawa International Animation Festival (OIAF) berhasil digelar untuk pertama kalinya. Ide awal dari pagelaran festival Ottawa adalah Bill Kuhns, Frederik Manter, Prescott J. Wright, Frank Taylor, dan Kelly O’Brien.

Pergelaran pertama OIAF ini dilangsungkan dari 10 Agustus sampai 15 Agustus 1976. OIAF merupakan tempat berkumpulnya para professional dan penggemar animasi di Amerika Utara. Festival ini juga menjadi sarana mencari relasi untuk mengembangkan dan akses ke dunia sinema di Amerika Utara.

Dukungan terhadap festival animasi ini datang dari berbagai institusi di Kanada, seperti The National Film Board of Canada, Radio Canada, CBC Television, dan Cinematheque Quebecoise. Dukungan juga datang dari para animator dan para individu yang berhubungan dengan animasi. Banyaknya dukungan ini menghasilkan sebuah festival animasi paling akbar di Amerika Utara dan terus berlangsung hingga sekarang.

Pada perhelatan yang pertama, OIAF menggelar acara seperti pemutaran film yang dilombakan, seminar, pameran seni, kolase, kompilasi film animasi untuk anak-anak, lokakarya animasi untuk para animator muda. OIAF edisi pertama tersebut juga digelar acara pemutaran perdana film animasi dari Inggris yang berjudul Allegro Non Troppo karya Bruno Bozzetto.

OIAF juga mengangkat “Presiden Kehormatan” yang diberikan kepada Norman McLaren pada festival edisi pertama, Frederic Back pada festival 1984, David Ehrlich pada festival 2002, Co Hoederman pada festival 2004. Pengangkatan “Presiden Kehormatan” ini diberikan sebagai bentuk penghargaan untuk jasa mereka dalam bidang animasi dan pengembangan festival.

Dari festival edisi yang pertama, OIAF telah mengundang berbagai pihak yang memiliki antusias dalam animasi untuk mengirimkan film-film mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh panitia festival. Pada OIAF yang pertama, sebanyak 400 film dari berbagai negara mengikuti kompetisi festival. Rekor tertinggi untuk film yang mengikuti festival adalah pada IOAF 2007 yang menyeleksi sebanyak 2.078 film animasi. Jumlah ini masih belum terpecahkan hingga IOAF edisi terakhir.

Pada tahun 2005, OIAF berubah dari festival dua tahun ke festival tahunan. Festival dua tahunan yang jatuh pada 2004, dilanjutkan setahun kemudian yang menandai festival tahunan OIAF. Pada festival 2005 pula, panitia memasukkan kompetisi film animasi the Student Categories. Masuknya Student Categories ini untuk memaksimalkan produksi film dari para animator muda yang memiliki orisinalitas sekaligus untuk memacu mereka memasuki industri animasi.

OIAF 2013 kedatangan animator senior, Genndy Tartakovsky, untuk menghadiri penayangan perdana film terbarunya, Hotel Transilvania. Genndy Tartakovsky merupakan animator kawakan yang  telah menerima 12 nominasi Primetime Emmy Awards dan memenangkan tiga Emmy Awards untuk hasil kerjanya dalam serial Star Wars, yaitu Clone dan Samurai Jack yang diproduksi melalui Cartoon Network.

OIAF 2017 akan diselenggarakan pada 20 – 24 September mendatang. Saat ini pihak penyelenggara telah melakukan seleksi sebanyak 1992 film animasi yang berasal dari 85 negara. Sebanyak 105 film pendek dan 5 feature film akan dipilih untuk masuk ke dalam kompetisi pada OIAF 2017 mendatang. Kompetisi film animasi di OIAF meliputi beberapa kategori yaitu film dengan narasi, non narasi, student film, dan feature film. Penghargaan tertinggi adalah Grand Prize yang akan dimenangkan oleh 2 film ( 1 feature dan 1 film pendek). Sedangkan penghargaan lainnya akan dibagi ke dalam Categories Awards (7 pemenang), Craft Awards (4 pemenang), dan Other Awards (3 pemenang).

OIAF 2016 yang diselenggarakan pada 21 – 25 September 2016, yang bertepatan dengan 40 tahun usia festival ini, menerima sebanyak 2.300 film. Seremonial penghargaan dilakukan di Saints Brigid’s Centre for the Arts.

Official Poster OIAF 2016. (www.animationfestival.ca)

 

Para pemenang OIAF 2016 adalah:

GRAND PRIZE

Nelvana Grand Prize for Independent Short Animation

J’AIME LES FILLES (I LIKE GIRLS)

Diane Obomsawin

Kanada / 2016

 

Grand Prize for Best Animated Feature

LOUISE EN HIVER

Jean-François Laguionie

Perancis & Kanada / 2016

 

CATEGORY AWARDS

 

Cartoon Network Award for Best Narrative Short Animation

L’AVEUGLE, VAYSHA (BLIND VAYSHA)

Theodore Ushev

Kanada / 2016

 

Award for Best Experimental or Abstract Animation

SUIJUN-GENTEN (DATUM POINT)

Ryo Orikasa

Jepang / 2015

 

Award for Best Undergraduate Animation

CIALO OBCE (FOREIGN BODY)

Marta Magnuska

Polandia / 2016

 

Walt Disney Animation Award for Best Graduation Animation

FRANKFURTER STR. 99

Evgenia Gostrer

Jerman / 2016

 

Award for Best Commissioned Animation

HONDA ‘PAPER’

PES

Amerika Serikat / 2015

 

Award for Best Short Film Made for Young Audiences

THREE LITTLE NINJAS DELIVERY SERVICE

Karim Rhellam & Kim Claeys

Belgia / 2016

 

Award for Best Animated Series Made for Young Audiences

SHAUN THE SHEEP ‘THE FARMER’S LLAMAS’

Jay Grace

Inggris / 2015

 

CRAFT AWARDS

 

Award for Best Script

FIRED ON MARS

Nick Vokey and Nate Sherman

Amerika Serikat / 2016

 

Award for Best Design

THE ABSENCE OF EDDY TABLE

Rune Spaans

Norwegia / 2016

 

Award for Best Animation Technique

VELODROOL

Sander Joon

Estonia / 2015

 

Award for Best Sound

SQUAME

Nicolas Brault

Kanada / 2015

 

OTHER AWARDS

 

Nickelodeon Public Prize

FIRED ON MARS

Nick Vokey dan Nate Sherman

Amerika Serikat / 2016

 

Canadian Film Institute Award for Best Canadian Animation

BLIND VAYSHA

Theodore Ushev

Kanada

Narrative Short Animation

 

VIA Rail Award for Best Canadian Student Animation

NIHIL

Khoebe Magsaysay

Sheridan College

2016

 

________

Referensi:

Best of Ottawa International Animation Festival, https://www.acad.ca/best-of-2016-oiaf

The History of The OIAF, https://www.animationfestival.ca/index.php?option=com_content&task=blogcategory&id=239&Itemid=954

The Winner 2016, https://www.animationfestival.ca/index.php?option=com_content&task=view&id=923&Itemid=1053

One thought on “OIAF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *