ITFS 2019

Photo courtesy: https://www.itfs.de/en/press-pr/pressematerial/

Bukan hanya VFB Stuttgart yang menjadi ikon di Baden-Wurttemberg. Animasi sejak beberapa dasawarsa silam telah menjadi bagian ikonik kota dengan adanya festival tahunan Internationales TrickFilm Stuttgart (ITFS).

Baca: ITFS

ITFS 2019 atau edisi yang ke 26 berlangsung pada 30 April sampai 5 Mei 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival enam hari ini bersifat terbuka dengan partisipasi dari berbagai negara lintas benua. Sebanyak 2000 fim animasi mengikuti seleksi kompetisi, 60 diantaranya berupa feature film. Beberapa instalasi yang menjadi highlight perhelatan ITFS 2019 adalah GameZone interaktif, konferensi media dan budaya pop, sains, games dan animasi, serta beberapa penayangan film-film terpilih. ITFS sendiri sejak tahun 1994 telah mendapatkan dukungan sponsor dari European Commision (Media / Creative Europe).

Sebanyak 100 ribu pengunjung dan sekitar 2,500 profesional animasi berpartisipasi dalam perhelatan ITFS edisi ke 26. Beberapa profesional animasi yang hadir terdiri dari kalangan produser, kurator, pembuat film, animator, perwakilan stasiun televisi, dan kalangan marketing. Festival animasi Stuttgart ini dibuka Evelyn Gebhardt, Wakil Presiden Parlemen Eropa.

Beberapa acara lanjutan yang menjadi perhatian dalam ITFS 2019 adalah “Hack for Europe” yang merupakan kerjasama Institut Francais Stuttgart dan The Heinrich Boll Foundation serta film-film pilihan dalam program “Animation Around Europe”. Sebuah film animasi pendek satiris yang dikuratori oleh Chris Shepherd yang berjudul “Brexicuted – Bye bye Britain” menjadi salah satu event yang menarik perhatian pengunjung.

Sedangkan untuk kategori kompetisi, ITFS 2019 tidak berbeda dengan edisi tahun sebelumnya. Pengumuman para pemenang kompetisi ITFS edisi ke 26 adalah:

_______

Referensi:

Award winners 2019, https://www.itfs.de/en/festival/award-winners/

Competitions, https://www.itfs.de/en/branche/competitions/#1457371791476-dd96f19a-dd1d

ITFS Announces 2019 Program, https://www.awn.com/news/itfs-announces-2019-program

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *