Fantoche

Fantoche

Swiss, salah satu negara di Eropa yang namanya lebih dikenal dengan urusan sepakbola karena disanalah markas FIFA berada. Namun, sepakbola bukan satu-satunya fenomena yang populer di Swiss. Di negara tersebut juga terdapat salah satu festival animasi yang cukup prestisius, yaitu Fantoche.

Fantoche merupakan festival animasi tahunan yang berlangsung di Kota Baden, Swiss. Pertama kali digelar pada tahun 1995. Festival yang memiliki nama resmi Fantoche International Festival ini dipelopori oleh Otto Adler, Frank Braun, Suzanne Buchan, dan Peter Hossli. Semangat yang dibawa untuk mengembangkan kesenian animasi sebagai bagian dari nama besar Zurich, sebuah kota di Swiss yang dikenal sebagai salah satu kebudayaan Eropa. Nama Fantoche sendiri diambil dari bahasa Portugis yang artinya adalah boneka.

Festival ini terbuka bagi khalayak internasional sekaligus menjadi pertemuan para animator dan pelaku industri film animasi. Fantoche merupakan media yang tidak hanya menjadi tempat penayangan berbagai film animasi dari penjuru dunia, tetapi juga menjadi titik bertemunya para pegiat film animasi, mulai dari animator, penulis, dan para produser untuk bertukar ide mengembangkan film animasi, baik dari segi cerita maupun teknologi.

Pada Fantoche edisi perdana, sebanyak 8 ribu audiens datang ke Kota Baden dan menyaksikan pemutaran 300 film animasi pendek dari 21 negara. Keberhasilan edisi perdana ini membuat panitia bersemangat untuk melanjutkan ke edisi selanjutnya. Pada Fantoche 1997 dan 1999, festival berjalan lancar dan animo masyarakat semakin besar.

Sayangnya, semangat para pegiat animasi dan animo masyarakat tidak bisa diekspresikan pada Fantoche 2001. Keterbatasan dan tidak ada jaminan dana membuat panitia mengurungkan niatnya untuk menggelar festival.  Masalah ini kemudian berhasil diatasi dengan menejemen profesional, kerjasama dengan Pemerintah Kota Baden, serta subsidi dari Canton of Aargau dan Swiss Office of Culture.

Fantoche 2003 pun kembali dihelat dan mendatangkan pengunjung hingga 19 ribu orang. Festival dua tahunan ini berhasil menarik perhatian sineas animasi internasional sekaligus menjadi acara kebudayaan paling besar dan paling prestisius di Swiss. Di Fantoche 2009, untuk pertama kalinya dimasukkan kategori Swiss Competition dan Best Kids (kompetisi film anak-anak). sejak 1995, Fantoche hanya memiliki kategori kompetisi internasional.

Festival dua tahunan ini kemudian berubah menjadi tahuan setelah tahun 2010. Dukungan animator internasional, masyarakat Swiss, Pemerintah Kota Baden, dan berbagai lembaga kebudayaan di Swiss membuat panitia menggelar festival ini menjadi tahunan. Fantoche 2011, edisi perdana dari festival tahunan ini berhasil mendatangkan 34 ribu pengunjung dari berbagai negara.

Dari tahun 2011 hingga 2017, Fantoche berhasil digelar rutin tahunan dan menarik animo masyarakat internasional. Baden, kota kecil yang cukup tepat untuk menggelar Fantoche. Fantoche 2018 rencananya akan digelar pada 4 – 9 September mendatang.

Pada Fantoche 2017, sebanyak 2094 film dari 102 negara masuk ke seleksi panitia. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar film datang dari Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Namun, pada Fantoche 2017, Iran menjadi negara terbesar dengan mengirimkan 119 film.

Daftar Pemenang Kompetisi Fantoche 2017:

Best Film              :  The Burden (Niki Lindroth von Bahr, Swedia, 14 menit)

High Risk              :  Vilaine Fille (Ayce Kartal, Perancis, 8 menit)

New Talent         : Ugly (Nikita Diakur, Jerman, 11 menit)

Best Sound         : Impossible Figures and Other Stories II (Marta Pajek, Polandia, 15 menit)

Best Swiss           : Airport (Michaela Müller, Swiss/Kroasia, 10 menit)

Best Kids              : Ethnophobia (Joan Zhonga, Albania/Yunani, 14 menit)

High Risk Swiss  : Living Like Heta (Bianca Caderas / Isabella Luu / Kerstin Zemp, Swiss, 6 menit)

New Swiss Talent             : Immersion (Lalita Brunner, Swiss, 3 menit)

Fantastic Swiss                 : OOZE (Kilian Vilim, Swiss, 5 menit)

Swiss Youth Award          : OOZE (Kilian Vilim, Swiss, 5 menit)

Swiss Special Mention   : La bataaille de San Romano (Georges Schwizgebel, Swiss, 2 menit)

Swiss Audience Award   : In a Nutshell (Fabio Friedli, Swiss, 5 menit)

Young Audinece Award : Ethnophobia (Joan Zhonga, Albania/Yunani, 14 menit)

International Audience Award                   : Negative Space (Max Porter / Ru Kuwahata,  Perancis, 5 menit)

International Special Mention                    : Nachtstüxk (Anne Breyman, Jerman, 5 menit)

 

Referensi:

16th International Animation Film Festival in Baden, https://www.baden.ch/en/cultural-programme/festivals.html/140

Fantoche – International Animation Film Festival, https://www.myswitzerland.com/en-id/fantoche-international-animation-film-festival.html

Fantoche International Animation Film Festivalhttps://filmfreeway.com/Fantoche

Fantoche – International Animation Film Festival Baden, https://dokweb.net/database/organizations/about/26850fb8-0937-46c0-91dd-e4f99fdbe280/fantoche-international-animation-film-festival-baden

Competitions at Fantoche, https://fantoche.ch/en/film-competitions

Fantoche Award Winning Films 2017, http://fantoche.ch/en/2017/awards

Awards 2017, https://fantoche.ch/en/awards

The Fantoche Story since 1995, https://fantoche.ch/en/once-upon-time

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *