Animation Day di Festival Cannes

Animation Day di Festival Cannes

Cannes Festival atau Festival de Cannes (Festival Cannes) merupakan salah satu festival film tertua di dunia. Setahun setelah Perang Dunia ke 2 usai, Festival Cannes digelar perdana secara penuh pada 20 September 1946. Festival Cannes mengambil tempat di Kota Cannes, Perancis, menampilkan film-film terbaru dari semua genre, baik film-film komersil, independen, hingga dokumenter. Festival Cannes ini diprakarsai oleh Menteri Pendidikan dan Seni Perancis, Jean Zay.

Sebenarnya, inagurasi untuk Festival Cannes sudah dipersiapkan sejak Juni 1939. Rencananya, pada 1 sampai 20 September 1939 Festival Cannes yang pertama akan dilangsungkan. Sayangnya, tepat pada pagi hari 1 September 1939, Perang Eropa yang dimulai oleh Jerman terlanjur berkecamuk. Akibat perang ini, setahun kemudian Perancis diokupasi oleh Jerman hingga tahun 1945.

Pada perhelatan perdana tersebut, partisipan Festival Cannes datang beberapa negara hingga di luar Eropa. Film-film yang masuk diseleksi pada Agustus 1939. Beberapa judul film yang berhasil lolos seleksi adalah  The Wizard of Oz Amerika Serikat), The Nigerian (Perancis), The Black Diamond (Polandia), The Hunchback of Notre Dame (Jerman), dan Tommorrow, It’s War (Russia). Festival Cannes hanya sempat memutar satu film saja, yaitu The Hunchback of Notre Dame yang disutradarai oleh William Dieterle.

Beberapa tahun sebelum inagurasi Festival Cannes, festival film tahunan pertama sudah terlebih dahulu digelar di Venesia, Italia, pada tahun 1932. Namun, festival film tahunan pertama di dunia ini menjadi tempat penyebaran faham fasisme yang dimotori oleh Jerman dan Italia pada tahun 1938. Pemilihan film dan pemenang diberikan kepada film-film yang mendukung fasisme Jerman atau Italia.

Perancis kemudian berinisiatif membuat festival film alternatif yang diberi nama Festival Film de Cannes. Setelah gagal diselenggarakan sesuai jadwal, inagurasi baru bisa berlangsung ketika Eropa masih dalam fase membangun kembali dari kehancuran akibat perang.

Festival Cannes kemudian dilanjutkan lagi pada 20 September 1946 dan dihadiri oleh partisipan dari 18 negara. Beberapa judul film yang berhasil lolos seleksi adalah The Lost Weekend (Billy Wilder – Amerika Serikat), Open City (Roberto Rossellini – Italia), The Battle of the Rails (Rene Clement – Perancis), Brief Encounter (David Lean – Inggris). Pada festival yang digelar perdana secara penuh ini, penyelenggara lebih menekankan pada stimulasi produksi film daripada kompetisi. Pada perhelatan perdana ini, sembilan film mendapatkan penghargaan tertinggi berupa Grand Prix du Festival.

Pada perkembangannya, Festival Cannes menjadi festival film yang pretisius. Keberhasilan mendapatkan penghargaan di Festival Cannes akan meningkatkan peluang untuk mendapatan penghargaan di Academy Award, Golden Globe, Emmy Award, dan penghargaan lainnya.

Festival sempat mengalami perubahan nama. Nama pertama yang digunakan adalah Cannes International Film Festival. Pada tahun 2002, nama festival berubah menjadi Festival de Cannes (Festival Cannes).

Semenjak tahun 2015, seiring marak dan populernya industri film animasi, Festival Cannes menyelenggarakan Animation Day. Festival Cannes hingga saat ini belum mengadakan kompetisi untuk feature film animasi. Selama ini, film-film animasi yang berpartisipasi di Festival Cannes hanya sebatas short film. Sedangkan feature film animasi masih sebatas pemutaran saja. Namun, meskipun tidak mengikuti kompetisi, feature film animasi yang akan berpartisipasi pada Animation Day harus mengikuti seleksi terlebih dahulu.

Dari semua film animasi pendek yang mengikuti seleksi, hanya sembilan yang dipilih untuk diseleksi lagi agar bisa masuk nominasi Short Film. Pada Festival Cannes 2017, penyelenggara menerima sebanyak 4.843 film animasi pendek yang datang dari seluruh dunia. Tiga film animasi pendek yang berhasil masuk nominasi Short Film pada Festival Cannes 2017 adalah Pepe le Morse (Lucrece Andreae), Camouflage (Camouflage), A Perdre Haleine (Lea Krawczyk).

Animation Day Festival Cannes dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Short Animated Film dan Feature Animated Film. Animation Day Festival Cannes 2018 akan berlangsung pada 15 Mei 2018.

Referensi:

Animation Day in Cannes, https://filmfreeway.com/AnimationDayinCannes

First Cannes Film Festival, https://www.history.com/this-day-in-history/first-cannes-film-festival

Festival de Cannes, http://www.festival-cannes.com/en/

History of the Cannes Film Festival, http://www.cannes.com/en/festival-de-cannes/history-of-the-cannes-film-festival.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *