Tangled, Film Animasi Paling Mahal

Tangled, Film Animasi Paling Mahal

Dibutuhkan waktu sampai enam tahun untuk memproduksi Tangled. Film yang dirilis perdana pada 14 November 2010 sampai sekarang masih memegang rekor sebagai film animasi dengan biaya produksi paling mahal. Film animasi dengan durasi 100 menit ini menghabiskan biaya sebesar 260 Juta US Dollar.

Awalnya, film ini berjudul Rapunzel, yang mengadaptasi cerita rakyat Jerman. Demi kepentingan pasar yang lebih luas, judul film akhirnya diganti menjadi Tangled.  Meskipun mendapatkan kritik dari para penontonnya, Tangled berhasil mendapatkan 200 juta US Dollar dari penonton di Amerika Serikat dan Kanada. Di seluruh dunia, Tangled berhasil mendapatkan 591,8 Juta US Dollar. Meskipun menghabiskan biaya paling besar, namun pendapatan Tangled tidak termasuk yang paling besar. Tangled tertinggal jauh dari Toy Story 3 yang pendapatannya berhasil menembus 1 Miliar US Dollar.

Tangled menceritakan tentang bunga ajaib yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bunga tersebut dimiliki oleh wanita tua yang bernama Mother Gothel. Bunga ajaib tersebut digunakan oleh Mother Gothel untuk membuatnya tetap muda. Selama ratusan tahun, Mother Gothel merahasiakan keberadaan bunga ajaib tersebut.

Sampai suatu ketika, sebuah kerajaan dibangun di dekat hutan dimana bunga ajaib tersebut tumbuh. Permaisuri yang hamil mengalami sakit sehingga Raja memerintahkan pasukannya untuk mencari bunga ajaib tersebut. Mother Gothel berusaha menyembunyikan bunga ajaib, tetapi pasukan kerajaan berhasil menemukannya. Permaisuri menjadi sembuh setelah meminum larutan bunga ajaib dan melahirkan anak perempuan yang diberi nama Rapunzel. Mother Gothel yang marah karena bunga ajaibnya diambil, kemudian menyusup ke istana dan menculik Rapunzel.

Walt Disney Pictures dan Walt Disney Animation mengerjakan film ini dengan memadukan teknologi CGI (baca: Animasi 3D & CGI) dan teknik animasi klasik selama enam tahun. Beberapa bagian dari film dikerjakan dengan teknik animasi klasik untuk memberikan kesan lukisan. Setelah bertahun-tahun dalam pengerjaan, akhirnya Walt Disney Studios Motion Pictures merilis perdana Tangled pada 14 November di El Capitan Theatre.

Aktris papan atas Hollywood, Mandy Moore, ambil bagian sebagai pengisi suara Rapunzel. Kehadiran Mandy Moore membuat Tangled mendapatkan beberapa penghargaan dalam kategori soundtrack film. Beberapa penghargaan yang diperoleh Tangled adalah Best Original Song, Best Compilation Soundtrack for Visual Media, dan Best Song Written for Visual Media.

© 2017 Animatografi.com (diolah dari berbagai sumber)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *