Solar Walk

Solar Walk

Manusia selama ribuan tahun selalu diliputi rasa penasaran tentang asal usulnya. Tidak terhitung berapa filosof yang telah menghabiskan masa-masa hidupnya untuk mencari tentang asal muasal penciptaan manusia dan alam semesta.

Animator Denmark, Reka Bucsi, membawa tema tentang pencarian asal usul alam semesta ke dalam sebuah film animasi pendek yang berjudul Solar Walk. Sebuah eksperimen artistik yang mencoba menelusuri darimana manusia berasal.

Reka Bucsi awalnya membuat proyek pertunjukkan “live” artistik  selama satu jam. Solar Walk menampilkan sebuah perjalanan lintas estetik ke dalam sistem tata surya yang besar dan membingungkan. Pertunjukkan artistik selama satu jam ini diciptakan oleh Niels Marthinsen dan Susi Hyldgaard (penyanyi jazz). Reka Bucsi kemudian memasukkan gambar animasi kedalamnya dan ditampilkan secara langsung oleh Aarhus Jazz Orchestra.

Pertunjukkan ini berhasil menggabungkan musik jazz klasik, jazz modern, puisi lagu, dan gambar animasi. Hasilnya adalah karya eksperimen inovatif yang menampilkan pengalaman emosional untuk penonton dari segala usia dengan menghadirkan kisah tata surya dan peran manusia di dalamnya. Reka Bucsi kemudian mengubah pertunjukkan selama satu jam ini menjadi film animasi pendek tanpa narasi dan tayang perdana pada acara Berlinale ke 68 tahun 2018.

Solar Walk berhasil mendapatkan penghargaan pada Berlin International Film Festival 2018 untuk kategori Audi Short Film Award, IndieLisboa International Independent Film Festival 2018 untuk kategori Short Film Grand Prize, dan OIAF 2018 untuk kategori Nelvana Grand Prize For Short Animation.

Referensi:

OIAF 2018: ‘Solar Walk,’ ‘This Magnificent Cake’ Win Grand Prizes, https://www.awn.com/news/oiaf-2018-solar-walk-magnificent-cake-win-grand-prizes

Solar Walk, https://www.imdb.com/title/tt7855990/?ref_=ttpl_pl_tt

Solar Walk, http://neweuropefilmsales.com/movies/solar-walk/

Solar Walk, https://animationworkshop.via.dk/en/research-and-development/expanded-animation/solar-walk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *