Rock Dog Terkena “Box Office Bomb”

Courtesy: moviinsider.com

Rock Dog Terkena “Box Office Bomb”

Film animasi yang dirilis tidak semuanya memenuhi harapan dengan menjadi blockbuster. Beberapa film malah berujung pada box office bomb (lihat: Animapedia). Salah satu film animasi yang mengalami box office bomb  adalah Rock Dog. Film animasi 3D CGI yang disutradari oleh Ash Banon ini gagal menutupi biaya produksi sehingga merugi hingga jutaan dollar AS.

Diproduksi melalui kerjasama Mandoo Pictures (Amerika Serikat) dan Huayi Tencent Entertainment Company (China), Rock Dog dirilis sejak 2 Juli 2016 di China dan 24 Februari 2017 di Amerika Serikat. Film animasi dengan durasi 80 menit ini memperoleh pendapatan total sebesar $20.817.695. Pemutaran di China dan negara-negara lainnya mendapatkan $11.410.000, sedangkan pemutaran di Amerika Serikat mendapatkan $9.407.695.

Padahal, biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproduksi Rock Dog mencapai $60.000.000. Pendapatan Rock Dog sangat jauh dari biaya yang dikeluarkan. Film animasi yang distribusinya dipegang oleh Lionsgate ini pada akhirnya harus masuk pada daftar film-film yang mengalami box office bomb.

Rock Dog mengisahkan tentang Bodi, seekor mastiff Tibet yang masih muda. Bodi diharapkan akan menjadi penjaga Gunung Salju menggantikan ayahnya, Khampa, yang dibunuh oleh kelompok serigala ungu yang dipimpin Linnux. Dalam kisah ini, Bodi memiliki teman baik seekor kucing persia yang bernama Angus Scattergood. Angus adalah legenda musik rock yang sedang mengalami kebuntuan ide untuk menciptakan lagu-lagu baru. Suara untuk karakter Bodi diisi oleh Luke Wilson. Sedangkan suara untuk karekater Angus diisi oleh Eddi Izzard. Lewis Black mengisi suara karakter antagonis, Linnux.

Referensi:

Rock Dog, https://en.wikipedia.org/wiki/Rock_Dog#Box_office

Rock Dog (2016), http://www.the-numbers.com/movie/Rock-Dog-(China)#tab=summary

Rock Dog (2017), http://www.boxofficemojo.com/movies/?page=main&id=rockdog.htm

 

 

 

1 thought on “Rock Dog Terkena “Box Office Bomb”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *