The Academy Awards

The Academy Awards

The Academy Awards

courtesy: Getty Images

The Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan nama Piala Oscar adalah penghargaan prestisius tahunan yang diterima oleh para penggiat dunia perfilman yang tergabung dalam Academy Motion Picture Arts and Sciences (baca: The Academy). Para pemenang ditentukan melalui voting oleh anggota The Academy. Piala Oscar diberikan dalam 24 kategori yang meliputi unsur artistik dan teknis. Setiap pemenang mendapatkan sebuah trofi perunggu berlapis emas 24 karat. Patung ini memiliki nama resmi “Academy Awards of Merit” yang kemudian lebih populer dengan “Piala Oscar”. Piala Oscar ini dikemudian hari mengilhami beberapa jenis penghargaan seperti Grammy Awards (musik dan rekaman), Emmy Awards (televisi), dan Tony Awards (teater).

Piala Oscar pertama kali diberikan pada 16 Mei 1929 di Hotel Roosevelt, Hollywood, Amerika Serikat. Audiens yang datang pada Oscar pertama tersebut berjumlah 270 orang. Ketika itu, harga tiket untuk mengikuti perhelatan Piala Oscar adalah $5 (sekarang setara dengan sekitar $70).

Pada tahun 1930, perhelatan Piala Oscar mulai disiarkan secara langsung melalui radio. Selanjutnya, pada tahun 1953 Piala Oscar untuk pertama kalinya disiarkan oleh stasiun televisi. Stasiun televisi pertama yang menayangkan siaran langsung Piala Oscar adalah NBC (The National Broadcasting Company). Sekarang, Piala Oscar disiarkan secara langsung oleh berbagai stasiun televisi di 200 negara dan “live streaming” di internet.

Pada awalnya, pemenang Piala Oscar sudah diumumkan tiga bulan sebelumnya. Selanjutnya, pengumuman pemenang dilakukan di surat kabar yang terbit bersamaan dengan hari diadakan perhelatan Piala Oscar. Pihak panitia memberikan informasi ke surat kabar tepat pukul 11 malam,  waktu deadline surat kabar. Ketika itu satu-satunya surat kabar yang memberitakan pemenang Piala Oscar adalah Los Angeles Times. Namun, sejak tahun 1941, pengumuman pemenang dilakukan tepat dengan perhelatan Piala Oscar. Nama pemenang dimasukkan ke dalam amplop tertutup.

Sineas pertama yang mendapatkan Piala Oscar adalah aktor Emil Jennings untuk penampilannya dalam film The Last Command dan The Way of All Flesh. Di awal Piala Oscar, pemenang ditentukan oleh hasil kerja mereka dalam semua film yang mereka bintangi. Pemenang selanjutnya, Janet Gaylor, juga dinilai dari penampilannya dalam tiga film.

Pada Piala Oscar ke 29, dimasukkan kategori The Best Foreign Language Film. Dan sejarah baru yang tidak kalah monumental adalah kategori untuk film animasi, yaitu Academy Awards for Best Animated Feature (baca: Piala Oscar Untuk Shrek).

Piala Oscar dibagi dalam 24 kategori yang meliputi:

Kategori Mulai
Best Picture 1928
Best Director 1928
Best Actor in Leading Role 1928
Best Actor in Supporting Role 1936
Best Actress in a Leading Role 1928
Best Actress in a Supporting Role 1936
Best Animated Feature 2001
Best Animated Short Film 1931
Best Cinematography 1928
Best Costume Design 1948
Best Documentary Feature 1943
Best Documentary Short Subject 1941
Best Film Editing 1934
Best Foreign Language Film 1947
Best Live Action Short Film 1931
Best Make Up and Hairstyling 1981
Best Original Score 1934
Best Original Song 1934
Best Production Design 1928
Best Sound Editing 1963
Best Sound Mixing 1930
Best Visual Effects 1939
Best Writing (Adapted Screenplay) 1928
Best Writing (Original Screenplay) 1940
Sumber: wikipedia

 

Selain ke 24 kategori tersebut, terdapat kategori yang diberikan secara kehormatan atau non-kompetisi. Kategori kehormatan tersebut meliputi Governors Awards, Academy Honorary Award, Irving G. Thalberg Memorial Award, Jean Hersholt Humanitarian Award, Academy Scientific and Technical Awards, Academy Award of Merit (non-kompetisi), Scientific and Engineering Award, Technical Achievement Award, John A. Bonner Medal of Commendation, Gordon E. Sawyer Award, Student Academy Award, Nicholl Fellowships in Screenwriting.

Darimana Asal Usul Nama “Oscar”?

Meskipun memiliki nama resmi Academy Awards of Merit, namun publik lebih mengenal istilah The Oscars (Piala Oscar, Ind). Uniknya, The Academy tidak memiliki rujukan pasti mengenai asal usul nama Piala Oscar. Namun, The Academy memberi beberapa rujukan yang bisa dijadikan acuan munculnya nama Piala Oscar. Beberapa rujukan tersebut adalah:

  • Bette Davis, mantan presiden The Academy, dalam biografinya menulis bahwa dia memberi nama “Oscar” setelah melihat bentuk trofi penghargaan tersebut mirip dengan suaminya, Harmon Oscar Nelson.
  • Margaret Herrick, yang melihat Piala Oscar pertama kalinya pada tahun 1931, menyimpulkan bahwa trofi penghargaan tersebut mirip dengan pamannya yang bernama Oscar.
  • Sidney Skolsky, seorang kolumnis yang mengikuti berita tentang Margaret Herrick, menulis “Karyawan dengan penuh perasaan sayang memberi julukan trofi mereka yang sangat terkenal, “Oscar”.

Nama “Oscar” pertama kali muncul di Majalah Time dalam artikel yang berjudul 6th Academy Awards pada tahun 1934. Sebelumnya, Walt Disney juga memberi ucapan terima kasih kepada The Academy untuk Academy Awards yang mereka peroleh dengan istilah “Oscar”. Secara resmi, Piala Oscar digunakan oleh The Academy pada tahun 1939.

Perhelatan Piala Oscar juga sempat mengalami penundaan dikarenakan beberapa hal yang terjadi di luar lingkungan The Academy. Pada 40th Academy Awards, yang seharusnya dilangsungkan pada 8 April 1968 harus ditunda dua hari karena peristiwa pembunuhan DR. Martin Luther King, Jr. Pada 53rd Academy Awards yang seharusnya dilaksanakan pada 30 Maret 1981 harus ditunda sehari karena terjadi penembakan terhadap Presiden Ronald Reagan.

Piala Oscar juga pernah mengalami penolakan oleh para pemenangnya. Penolakan pertama dilakukan oleh Dudley Nichols yang memenangkan Best Writing pada tahun 1935 untuk film The Informer. Penolakan ini dilakukan setelah terjadi konflik antara The Academy dengan the Writers’ Guild. Penolakan kedua dilakukan oleh George C. Scott yang memenangkan Best Actor pada tahun 1970. Penolakan ini dilakukan karena George menganggap perhelatan Piala Oscar tidak lebih sebagai “meat parade” dan dia tidak ingin terlibat di dalamnya. Penolakan ketiga dilakukan oleh Marlon Brando yang memenangkan Best Actor pada tahun 1972 untuk film The Godfather. Marlon Brando melihat bahwa industri film telah melakukan diskriminasi dan bersikap tidak pantas terhadap penduduk asli Amerika (Indian). Bahkan, Marlon Brando mengirimkan seorang aktris bernama Sacheen Littlefeather  pada 45th Academy Awards untuk membacakan naskah pidato sebanyak 15 lembar yang berisi alasan penolakannya terhadap Piala Oscar.

Referensi:

Academy Awards, https://en.wikipedia.org/wiki/Academy_Awards

First Academy Award Telecast on NBC, http://www.history.com/this-day-in-history/first-academy-awards-telecast-on-nbc

History, http://www.oscars.org/saa/history

Governors Awards, http://www.oscars.org/governors

Sacheen Littlefeather, https://en.wikipedia.org/wiki/Sacheen_Littlefeather

3 thoughts on “The Academy Awards

  1. I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was curious what all is required to get set up? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny? I’m not very internet savvy so I’m not 100 positive. Any recommendations or advice would be greatly appreciated. Thank you

  2. I don’t even know how I stopped up right here, but I thought this put up used to be good.
    I don’t understand who you might be however certainly
    you are going to a famous blogger in the event you aren’t already.
    Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *