Mars Need Moms, Film Animasi Paling Merugi

courtesy: disney wiki

Meskipun diproduksi oleh Walt Disney Pictures, bukan berarti Mars Need Moms akan sukses dan menjadi blockbuster. Bahkan, semenjak The Academy memberikan award khusus untuk film animasi, Mars Need Moms menjadi film animasi yang paling gagal penjualannya di pasar Amerika Serikat maupun internasional.

Walt Disney Pictures bekerjasama dengan ImageMovers Digital untuk memproduksi Mars Need Moms yang rilis pada 11 Maret 2011 di Amerika Serikat. Film dengan durasi 88 menit ini disutradarai oleh Simon Wells. Film animasi dengan teknologi CGI ini diadaptasi dari sebuah novel karya Berkeley Breatheed yang memiliki judul sama. Artis-artis yang terlibat dalam pembuatan Mars Need Moms adalah Seth Green, Dan Fogler, Elisabeth Harnois, Mindy Sterling, dan Joan Cusack. Distribusi Mars Need Moms ditangani oleh Walt Disney Studios Motion Pictures.

Mars Need Moms menceritakan tentang kehidupan Planet Mars. Di planet ini, bayi laki-laki dibuang ke tempat barang rongsokan dibawah pengawasan supervisor, sedangkan bayi perempuan dirawat oleh robot. Penduduk Mars kemudian meneliti kehidupan di Bumi dan menemukan bahwa ada seorang anak laki-laki bernama Milo yang dibesarkan oleh seorang ibu dengan penuh kasih sayang dan kedisiplinan.

Penduduk Mars kemudian datang ke Bumi dan menculik ibu Milo. Otak ibu Milo digunakan untuk mengintruksikan robot-robot bagaimana membesarkan anak-anak. Namun, Milo yang mengetahui kejadian penculikan tersebut sempat menyusup ke ruang pesawat dan terbawa ke Mars. Milo kemudian bertemu dengan seorang pemuda bernama Gribble yang bertingkah seperti anak kecil. Bersama Gribble dan teman-temannya seperti Ki dan Wingnut, Milo berusaha untuk menyelamatkan ibunya. Usaha Milo dan teman-teman barunya ini mendapatkan hambatan dari supervisor.

Walt Disney Pictures menghabiskan dana sebesar 150 Juta US Dollar untuk memproduksi Mars Need Moms. Data dari situs www.boxofficemojo.com menunjukkan bahwa pendapatan Mars Need Moms tidak cukup, bahkan jauh di bawah angka biaya produksi. Di Amerika Serikat, Mars Need Moms hanya mendapatkan pendapatan sebesar 21.392.758 US Dollar. Sedangkan dari seluruh penjualan di luar Amerika Serikat, Mars Need Moms memperoleh pendapatan sebesar 17.600.000 US Dollar. Total pendapatan Mars Need Moms adalah 38.992.758 US Dollar.

Dengan pendapatan ini, Mars Need Moms mengalami box office bomb mengingat biaya produksi yang mencapai 150 Juta US Dollar. Belum lagi dengan biaya marketing dan berbagai promosi. Majalah TIME, pada tahun 2012 menulis bahwa total kerugian Mars Need Moms mencapai 140,5 Juta US Dollar. Kerugian ini menempatkan Mars Need Moms di urutan teratas film-film animasi yang mengalami box office bomb dan urutan ke 5 dari semua jenis film yang merugi.

_______

Referensi:

Mars Need Moms, http://www.boxofficemojo.com/movies/?id=marsneedsmoms.htm

Mars Need Moms, https://en.wikipedia.org/wiki/Mars_Needs_Moms

Mars Need Moms, http://www.imdb.com/title/tt1305591/?ref_=rvi_tt

The Top 10 Biggest Money Losing Movies of All Time, http://business.time.com/2012/03/21/the-top-ten-biggest-money-losing-movies-of-all-time/slide/mars-needs-moms/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *