HFPA

HFPA

Salah satu pendorong berkembangnya industri film di Hollywood adalah banyaknya organisasi pendukung yang menjadi “juru bicara” berbagai aktivitas perfilman Hollywood. Organisasi-organisasi ini bertindak sebagai penyelenggara pendidikan yang berhubungan dengan industri film, perkumpulan para penggiat sinematografi, perkumpulan artis Hollywood, hingga menyelenggarakan penghargaan yang konsisten dilakukan setiap tahunnya. Beberapa organisasi yang cukup populer secara internasional adalah AMPAS dan ASIFA. Kedua organisasi mengadakan “annual awards” yang tentu saja memacu para penggiat sinematografi untuk menghasilkan karya yang semakin berkualitas.

Baca: ASIFA Hollywood, ASIFAThe Academy

Salah satu organisasi lainnya yang sangat mendukung berkembangnya industri perfilman Hollywood adalah HFPA (The Hollywood Foreign Press Association). Organisasi ini setiap tahunnya mengadakan penghargaan untuk berbagai film dengan berbagai kategori yang dilangsungkan setiap bulan Januari di Los Angeles. Penghargaan tahunan dikenal dengan nama “The Golden Globe Awards”.

Baca: Golden Globes Awards

HFPA, berdiri pada tahun 1943 di Amerika Serikat, merupakan organisasi nirlaba yang yang terdiri dari para jurnalis dan fotografer yang berminat pada industri entertainment. Mereka berasal dari dari berbagai industri media seperti koran, majalah, penerbitan buku, televisi, dan radio yang berasal dari luar Amerika Serikat. HFPA memiliki 90 anggota yang berasal dari 55 negara.

Tujuan HFPA adalah untuk menginformasikan semua hal yang berhubungan dengan industri entertainment Hollywood untuk pasar di luar Amerika Serikat. Setahun setelah berdiri, dimulailah penghargaan tahunan The Golden Globes Awards.

Pada tahun 1950, terjadi perbedaan gagasan di dalam tubuh HFPA yang menyebabkan organisasi ini terpecah menjadi dua, yaitu The Hollywood Foreign Correspondents Association dan The Foreign Press Association of Hollywood. Perpecahan ini akhirnya berhasil diselesaikan pada tahun 1955 ketika para anggotanya akhirnya bersama-sama kembali bersatu ke dalam HFPA dengan membuat kesepatan hukum organisasi dan keanggotaan.

Seluruh anggota HFPA melakukan pertemuan setiap bulan. Pemilihan staf dan ketua HFPA dilakukan setiap setahun sekali. Setiap anggota HFPA harus terakreditasi oleh Motion Picture Association of America dengan menyertakan kliping aktivitas mereka selama setahun untuk memperbarui keanggotaan aktif atau kalau tidak akan dipindahkan ke keanggotaan non aktif.  Dalam setahun, HFPA hanya menerima maksimal lima anggota baru.

Persyaratan lainnya untuk bisa menjadi anggota aktif adalah memiliki tempat tinggal di California Selatan, mengahdiri pertemuan bulan minimal 4 kali, dan mempublikasikan sedikitnya 4 artikel atau foto dalam setahun.

HFPA juga aktif dalam kegiatan hibah yang berhubungan dengan tujuan organisasi. Golden Globes Awards setiap tahunnya mendapatkan dana 10 juta US Dollar dari hak siar di televisi. Pendapatan ini sebagian digunakan oleh HFPA untuk keperluan non-profit seperti beasiswa dan hibah. Sebanyak 90 film telah direstorasi oleh HFPA. Film-film lama seperti King Kong (1933) dan Woman on the Run (1950) telah direstorasi sehingga datanya masih bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari pemutaran film lama atau penelitian.

_____

Referensi:

About the HFPA, http://www.goldenglobes.com/about-hfpa-0

Hollywood Foreign Press Association, https://en.wikipedia.org/wiki/Hollywood_Foreign_Press_Association

 

One thought on “HFPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *