Hayao Miyazaki, “Walt Disney” Dari Jepang

Hayao Miyazaki, “Walt Disney” Dari Jepang

Walt Disney adalah nama besar yang menjadi ikon industri animasi. Karya-karyanya masih populer sampai sekarang dan mengilhami banyak animator untuk menghasilkan kreativitas dalam industri animasi. Pengaruh Walt Disney menyebar ke berbagai negara dan menjadi inspirasi munculnya para animator dalam berbagai corak, salah satunya adalah animator dari Jepang yang bernama Hayao Miyazaki.

Hayao Miyazaki populer tidak hanya di Jepang. Namanya dikenal dunia internasional setelah karyanya yang berjudul “Spirited Away” memenangkan Piala Oscar kategori Best Animated Feature Film 2002. Jepang, selama puluhan tahun dikenal menghasilkan para animator yang mampu membuat kanal tersendiri dalam industri animasi. Hampir semua animator Jepang berawal dari membuat komik khas Jepang yang dikenal dengan istilah “manga”.

Baca -> Manga

Hayao Miyazaki lahir di Tokyo pada 5 Januari 1941. Masa kecil Hayao dipenuhi dengan cita-cita untuk menjadi artis manga. Dia sering menggambar pesawat karena melihat ayahnya yang bekerja sebagai direktur sebuah pabrik pesawat. Tahun ketiga di sekolah menengah pertama, Hayao Miyazaki menonton Hakujaden, film anime layar lebar berwarna pertama.

Persentuhannya dengan animasi bermula di studio Toei Douga pada tahun 1963. Di studio ini Hayao banyak terlibat dalam pengerjaan animasi klasik Jepang kuno. Hayao Miyazaki, ketika itu, sudah menunjukkan bakatnya yang luar biasa dalam menggambar maupun menghasilkan berbagai ide film yang seolah tidak pernah habis.

Tahun 1971, Hayao pindah ke studio A Pro dengan Isao Takahaka. Dua tahun kemudian, dia pindah ke Nippon Animation dan terlibat dalam pembuatan serial animasi televisi TV World Masterpiece Theathre selama lima tahun. Serial televisi pertama yang sutradarainya adalah  Mirai Shonen Konan (Conan, The Boy in Future) pada tahun 1978. Setahun kemudian, Hayao pindah ke Tokyo Movie Shinsa dan  menyutradarai film pertamanya, Kariosutoro no Shiro.

Tahun 1984, Hayao merilis Kaze no tani no Naushika yang dibuat berdasar manga yang dia buat dua tahun sebelumnya. Serial televisi ini sukses dan membuatnya mendirikan Studio Ghibli bersama Isao Takahata dan Tosgio Suzuki. Di studio inilah Hayao Miyazaki menyutradari, menulis naskah, dan membuat banyak film. Filmnya yang berjudul Mononoke-hime yang dirilis pada tahun 1997 mendapatkan sambutan publik yang luas dan tidak hanya di Jepang. Film inilah yang membuat Hayao Miyazaki mulai dikenal oleh publik internasional. Mononoke-hime juga mendapatkan penghasilan yang sangat besar ketika itu, yaitu 150 Juta US Dollar dan menjadi film paling sukses di Jepang sebelum diungguli oleh Titanic.

Beberapa tema  yang menjadi ciri khas Hayao Miyazaki dalam karya anime adalah:

  • Kebaikan dan Kejahatan

Hampir semua film anime Hayao menceritakan kisah pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Misalnya dalam filmnya Nausicaa of the Valley of the Wind. Nausicaa berjuang menyelamatkan Valley of the Wind setelah diserang oleh orang Tolmekian. Begitu pula di film Laputa: Castle in the Sky, Pazu harus menyelamatkan Sheeta setelah ditangkap oleh Muska.

  • Isu Lingkungan Hidup

Beberapa film Hayao mengangkat isu pentingnya menjaga kelestraian lingkungan hidup, terutama perhatian manusia terhadap alamnya. Misalnya dalam Nausicaa of the Valley of the Wind. Nausicaa ditampilkan dalam film tersebut salah satunya untuk meneliti dan menemukan obat yang meracuni tanah mereka. Di film Mononoke-hime, San yang dibesarkan oleh serigala sangat marah kepada manusia karena telah menghancurkan hutan.

  • Anti Perang

Sikap anti perang merupakan tema utama yang terlihat dalam Nausicaa of the Valley of the Wind dan Mononoke-hime. Karakter utama pada kedua fim tersebut terlibat dalam usahanya untuk menghentikan peperangan yang terjadi. Nausicaa berupaya keras menghentikan hewan-hewan dari peperangan.

  • Dunia Penerbangan

Penerbangan banyak digunakan dalam film-film Hayao dalam berbagai bentuknya. Hal ini wajar mengingat masa kecil Hayao yang banyak melihat pesawat di tempat kerja ayahnya. Dalam film Nausicaa of the Valley of the Wind, Nausicaa sering menggunakan glider untuk bepergian ke berbagai tempat. Beberapa jenis pesawat terbang juga ditampilkan dalam filmnya yang berjudul Castle in The Sky dan Porco Rosso. Porco Rosso adalah karakter pilot yang bertugas sebagai pengantar lintas udara. Di filmnya Kiki’s Delivery Service, Kiki terbiasa berkeliling dengan menggunakan balon udara. Di Spirited Away, Haku bisa berubah menjadi naga dan terbang berkeliling. Di My Neighbour Totoro, karakter Totoro mengelilingi puncak dengan terbang. Howl’s Castle, merupakan sebuah benteng bisa berubah menjadi benteng terbang.

  • Politik

Hayao Miyazaki memiliki minat pada politik, dan terlihat pada beberapa filmnya seperti Porco Rosso. Dalam Castle in The Sky, kelas pekerja dalam film tersebut digambarkan oleh Hayao dalam istilah yang idealis.

Hayao Miyazaki dan Piala Oscar (www.imdb.com)

Karya monumentalnya Hayao Miyazaki tentu saja adalah Spirited Away yang berhasil memenangkan Academy Award for Best Animated Feature Film 2002. Film sesudahnya, Howl’s Castle juga berhasil masuk nominasi Academy Award for Best Animated Feature Film namun tidak berhasil mendapatkan Piala Oscar.

Baca –> Sen to Chihiro no Kamikakushi, Anime Pertama Pemenang Piala Oscar

Selama lima dekade terakhir, Hayao Miyazaki telah dikenal sebagai sutradara sekaligus produser, penulis skenario, animator, artis manga, sekaligus penulis. Melalui Studio Ghibli, Hayao Miyazaki dianggap telah berhasil memadukan antara Walt Disney, Steven Spielberg, dan Orson Welles. Beberapa animator yang mempengaruhi Hayao Miyazakai adalah Paul Grimault (Perancis), Yuri Nordstein (Rusia), dan Frederick Bach (Kanada). Film animasi Rusia, The Snow Queen, juga disebut-sebut turut memiliki pengaruh terhadap ide-ide anime Hayao Miyazaki.

Pada tahun 2014, Hayao Miyazaki mendapatkan Honorary Academy Award untuk sumbangsihnya terhadap animasi dan sinematografi. Dia adalah orang Jepang kedua yang mendapatkan penghargaan kehormatan ini setelah Akira Kurosawa. Para kritikus film Hollywood kemudian menjuluki Hayao Miyazaki sebagai “Walt Disney dari Jepang”.

Anime Filmografi Hayao Miyazaki:

  • Lupin III (1971-1972 series)
  • Yuki’s Sun (1972 pilot film for an unreleased series)
  • Future Boy Conan (1978 series)
  • Lupin III: Castle of Cagliostro (1979 film)
  • The New Lupin III (1980 series)
  • Nausicaa of the Valley of the Wind (1984 film)
  • Sherlock Hound, the Detective (1984-1985 series)
  • Laputa: Castle in the Sky (1986 film)
  • My Neighbor Totoro (1988 film)
  • Kiki’s Delivery Service (1989 film)
  • Porco Rosso (1992 film)
  • On Your Mark (1995 music video)
  • Princess Mononoke (1997 film)
  • Spirited Away (2001 film)
  • The Whale Hunt (2001 short film exclusive to the Studio Ghibli Museum)
  • Koro’s Big Day Out (2001 short film exclusive to the Studio Ghibli Museum)
  • Mei and the Kittenbus (2002 short film exclusive to the Studio Ghibli Museum)
  • Imaginary Flying Machines (2002 short film exclusive to the Studio Ghibli Museum)
  • Ornithopter Story: Fly! Hiyodori Tengu Go! (2002 short film exclusive to the Studio Ghibli Museum)
  • Howl’s Moving Castle (2004 film)
  • Monmon the Water Spider (2006 short film exclusive to the Studio Ghibli Museum)
  • House-hunting (2006 short film exclusive to the Studio Ghibli Museum)
  • The Day I Harvested A Star (2006 short film exclusive to the Studio Ghibli Museum)
  • Ponyo on the Cliff by the Sea (2008 film)
  • Film Guruguru (Ongoing short film project exclusive to the Studio Ghibli Museum)
  • Untitled Hayao Miyazaki-directed Documentary (TBA)
  • The Wind Rises (2014)

(sumber: http://studio-ghibli.wikia.com )

________

Referensi:

From Worst To Best ranking The Films of Hayao Miyazaki, http://www.indiewire.com/2014/02/from-worst-to-best-ranking-the-films-of-hayao-miyazaki-88842/

Hayao Miyazaki, http://studio-ghibli.wikia.com/wiki/Hayao_Miyazaki

Hayao Miyazaki, http://www.imdb.com/name/nm0594503/?ref_=nv_sr_1

 

3 thoughts on “Hayao Miyazaki, “Walt Disney” Dari Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *