Frozen, Film Animasi Paling Laris

Frozen, Film Animasi Paling Laris

Kualitas film-film animasi 3D yang memanfaatkan teknologi CGI (baca: Animasi 3D & CGI ) sudah sampai pada tahap luar biasa secara visual. Pencapaian ini menempatkan film-film animasi 3D dalam persaingan yang mulai seimbang dengan film-film non animasi. Salah satu indikatornya adalah dalam hal pendapatan di box office maupun Blue Ray dan DVD.

Hingga saat ini, memang belum ada film animasi 3D yang berhasil mengungguli semua jenis film dalam hal pendapatan. Sampai tahun tahun 2016, film dengan pendapatan tertinggi diraih oleh Avatar dengan 2,8 Miliar US Dollar. Namun, film animasi 3D CGI berada di posisi yang tidak jauh. Film animasi 3D CGI yang paling laris sampai 2016 adalah Frozen dengan pendapatan 1,3 Miliar US Dollar. Pendapatan Frozen ini menempatkannya sebagai film animasi 3D CGI paling laris sekaligus berada di peringkat 9 di seluruh jenis film yang paling laris.

Dengan biaya pembuatan 150 Juta US Dollar, pendapatan Frozen mendekati 1.000 persen biaya produksi. Persentase Frozen ini hampir sama dengan Avatar, yang biaya produksinya menelan 240 Juta US Dollar dengan pendapatan 2,8 Milliar US Dollar.

Pendapatan Frozen hanya tertinggal dari film-film yang sangat populer hingga sekarang seperti Avatar, Titanic, Star Wars: The Force Awakening, Jurrasic World, The Avengers, Furious 7, Avengers: Age of Ultron, dan Harry Potter and the Deathly Hallows 2. Namun, Frozen juga mampu melewati pendapatan dari beberapa film-film populer lainnya, seperti Iron Man 3, Captain America, Transformer, Lord of The Rings: Return of The King, atau bahkan legenda James Bond, Skyfall.

Perkembangan film-film animasi 3D memang tidak lagi hanya untuk pasar anak-anak, tetapi juga segala usia. Meskipun banyak mengambil tema anak-anak, namun alur cerita film-film animasi lebih tepat ditujukan kepada penonton dewasa. Anak-anak lebih memahami karakter yang lucu daripada alur cerita dalam film-film animasi.

Frozen dirilis pada 19 November 2013 di Capitan El Theatre, Amerika Serikat. Film dengan durasi 102 menit ini diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan Walt Disney Animation Studios. Sutradara Frozen dipegang oleh duet Chris Buck dan Jennifer Lee. Duet ini juga sebagai penulis naskah Frozen dengan bantuan Shane Morris.

Pembuatan Frozen melibatkan teknologi CGI dengan perpaduan animasi konvensional sebagaimana  digunakan Tangled yang terlebih dahulu rilis. Tambahan gambar dari teknik konvensional memperkaya tampilan Frozen lebih lengkap dengan nuansa lukisan.

Kesuksesan Frozen ini membawanya masuk nominasi ke beberapa penghargaan, yaitu Golden Globes dan memenangkan Best Animated Feature. Penghargaan Best Animated Feature untuk Frozen merupakan yang pertama diperoleh oleh film-film animasi buatan Walt Disney Animation.

Referensi:

Frozen (2013 Film), https://en.wikipedia.org/wiki/Frozen_(2013_film)

3 thoughts on “Frozen, Film Animasi Paling Laris

  1. По германскому же обычному праву переход земли из рук в руки был обставлен различными довольно сложными формальностями (символическая передача земли, инвеститура, Auflassung).
    [url=http://landensixn81470.mybjjblog.com/]nazhmi[/url]|

  2. Wonderful post however I was wanting to know if you could
    write a litte more on this subject? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more.
    Appreciate it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *