Chicken Run, Film StopMotion Paling Laris

courtesy: http://www.imdb.com

Chicken Run, Film StopMotion Paling Laris

courtesy: http://www.imdb.com

Film animasi stopmotion (baca: Animasi StopMotion) yang rilis tahun 2000 ini masih memegang rekor sebagai film stopmotion paling laris. Chicken Run adalah feature film (lihat: Animapedia) pertama yang diproduksi oleh Aardman Animations, studio animasi yang berbasis di Inggris. Aardman juga bekerjasama dengan DreamWorks Pictures dan Pathe untuk pendanaan film ini. DreamWorks memegang lisensi untuk distribusi di seluruh dunia (kecuali Eropa) dan Pathe di Eropa. Biaya yang dihabiskan untuk memproduksi Chicken Run sebesar 45 juta US Dollar.

Data dari Box Office Mojo mencatat bahwa dari pemutaran di Amerika Serikat, Chicken Run mendapatkan $106.834.564. Dari seluruh pemutaran di luar Amerika Serikat film ini mendapatkan $118.000.000. Total seluruh pendapatan Chicken Run adalah $224.834.564. Angka ini sampai sekarang masih merupakan yang tertinggi untuk jenis film-film animasi stopmotion.

Chicken Run mengisahkan tentang kegagalan Tuan dan Nyonya Tweedy mengelola perternakan ayam di kota Yorkshire. Ayam-ayam dikurung dalam kandang yang menyerupai penjara dengan kawat berduri yang tinggi serta dua ekor anjing penjaga yang selalu berpatroli. Ayam yang gagal menghasilkan telur disembelih dan dijadikan makanan. Dilanda frustasi akibat peternakan yang merugi, Nyonya Tweedy memiliki ide untuk mengubah peternakan ayamnya menjadi usaha ayam pot pie (gulai daging).

Ginger, seekor ayam betina yang telah lama memiliki rencana untuk melarikan diri. Dengan bantuan teman-temannya, Babs, Bunty, dan Mac, serta dua ekor tikus yang bernama Nick dan Fetcher, Ginger membuat rencana pelarian dari peternakan. Sayangnya, Ginger selalu tertangkap sehingga dimasukkan ke dalam sel isolasi. Sambil terus memikirkan rencana kabur dari sel isolasi, Ginger menyaksikan seekor ayam jantan yang terbang di atas pagar dan menabrak sebuah kandang sehingga sayapnya terluka. Ginger dan ayam-ayam lainnya membantu menyembunyikan ayam jantan tersebut dari Tuan dan Nyonya Tweedy. Ayam jantan yang terluka tersebut bernama Rocky. Ginger sangat tertarik pada kemampuan terbang Rocky dan memintanya untuk mengajarinya terbang bersama ayam-ayam lainnya. Rocky adalah ayam yang pemalu, namun ia tetap mengajari Ginger dan ayam-ayam lainya untuk terbang meskipun sayapnya masih terluka. Disaat yang bersamaan, Nyonya Tweedy sudah mulai menjalankan rencananya dan memberi jatah makanan hingga dua kali agar ayam-ayamnya cepat gemuk.

Mel Gibson, hadir dalam film ini sebagai pengisi suara untuk karakter Rocky. Suara karakter Ginger diisi oleh Julia Sawalha. Suara Nyonya Tweedy diisi oleh Miranda Richardson dan Tuan Tweedy oleh Tony Haygarth.

Ide Chicken Run mulai dibuat pada tahun 1995 oleh Peter Lord (pendiri Aardman) dan Nick Park. Pathe kemudian setuju untuk membiayai Cikchen Run pada tahun 1996 dalam hal pengembangan skrip dan desain. Tahun 1997, DreamWorks turut serta mendanai film ini. DreamWorks ketika itu berhasil mengalahkan Walt Disney, 20th Century Fox, dan Warner Bross untuk terlibat dalam pembuatan Chicken Run. DreamWorks yang saat itu masih pendatang baru dalam bisnis film animasi masih mencari popularitas untuk bisa bersaing dengan studio animasi lainnya yang sudah cukup mapan. Chicken Run juga merupakan feature film animasi pertama yang melibatkan DreamWorks. DreamWorks tidak hanya memegang lisensi distribusi di seluruh dunia (kecuali Eropa), tetapi juga memiliki lisensi merchandise di seluruh dunia.

Produksi Chicken Run yang berdurasi 84 menit ini melibatkan 80 animator dan 30 set. Dibutuhkan waktu satu minggu untuk bisa menghasilkan adegan selama satu menit. Setelah bertahun-tahun proses produksi, Chicken Run berhasil rilis di Amerika Serikat pada 23 Juni 2000 dan di Inggris pada 30 Juni 2000.

Kesuksesan Chicken Run ini menghasilkan beberapa penghargaan. Beberapa penghargaan yang diperoleh adalah Best Animated Feature dari Broadcast Film Critics, Florida Film Critics, dan Dallas-Fort Worth Film Critics. Satellite Awards untuk kategori Best Motion Picture-Animated or Mixed Media. Chicken Run juga masuk nominasi dan berhasil memenangkan banyak penghargaan lainnya. Sayangnya, ketika itu The Academy belum mengadakan Academy Award for Best Animated Feature. Oscar untuk film animasi digelar setahun kemudian dan dimenangkan oleh DreamWork Animations.

Referensi:

Chicken Run, https://en.wikipedia.org/wiki/Chicken_Run#Box_office

Chicken Run (2000), http://www.boxofficemojo.com/movies/?id=chickenrun.htm

Chicken Run (2000), http://www.imdb.com/title/tt0120630/

1 thought on “Chicken Run, Film StopMotion Paling Laris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *