Berapa Pendapatan Sherlock Gnomes?

Berapa Pendapatan Sherlock Gnomes?

Tidak bisa dikatakan dengan pasti film animasi dengan teknologi 3D CGI ini merupakan kolaborasi antara William Shakespeare dengan Sir Arthur Conan Doyle. Namun, bagi siapapun yang menonton Gnomeo & Juliet: Sherlock Gnomes maka imajinasinya akan langsung menuju karakter fiktif rekaan William Shakespeare dan Sir Arthur Conan Doyle.

Seperti kisah yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock harus menghadapi musuh bebuyutannya, Moriarty. Suatu hari, kebun yang dijaga oleh Gnomeo dan Juliet harus mengalami hilangnya hampir semua Gnomeo. Sherlock dan Watson harus membantu Gnomeo dan Juliet menemukan para Gnomeo.

Karakter Sherlock yang dilekatkan oleh Sir Arthur Conan Doyle juga melekat pada karakter Sherlock Gnomes. Bagi mereka yang tidak familiar dengan cerita Sherlock Holmes maka akan menemui sedikit kesulitan untuk memahami hubungan Sherlock, Watson, dan Moriarty. Tetapi, di masyarakat Eropa-Amerika, kisah yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle ini sangat familiar sehingga unsur komedi yang melibatkan Sherlock – Watson – Moriarty dengan mudah mereka pahami.

Biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi Sherlock Gnomes diperkirakan mencapai 59 Juta US Dollar. Jumlah ini termasuk menengah mengingat ada banyak film animasi yang biaya produksinya melewati angka 100 Juta US Dollar.

Sedangkan untuk pemutaran di bioskop, hingga memasuki semester kedua ini sudah mengumpulkan pendapatan sebesar 89 Juta US Dollar (data dari www.boxofficemojo.com). Di Amerika Serikat, Sherlock Gnomes mendapatkan penghasilan sebesar 43 Juta US Dollar. Sedangkan pemutaran di luar Amerika Serikat menghasilkan pendapatan sebesar 45,7 Juta US Dollar. Pendapatan ini sudah cukup baik mengingat pemutaran masih berlanjut di beberapa negara. Sebanyak 42 negara telah menayangkan Gnomeo & Juliet: Sherlock Gnomes. Inggris untuk saat ini menjadi negara non Amerika Serikat yang memberikan pendapatan paling besar dengan angka 11,7 Juta US Dollar. Di Indonesia, film ini telah tayang perdana sejak 5 Juni 2018 dengan pendapatan sebesar 347,694 US Dollar.

Official Poster Sherlock Gnomes (www.imdb.com)

Referensi:

Sherlock Gnomes, https://www.boxofficemojo.com/movies/?id=sherlockgnomes.htm

Sherlock Gnomes (2018), https://www.imdb.com/title/tt2296777/?ref_=ttmi_tt

Sherlock Gnomes Review – Honeymoon’s Over for The Garden Ornaments, https://www.theguardian.com/film/2018/may/09/sherlock-gnomes-review-family-animation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *