Rango

Rango

Paramount Pictures berhasil memutus dominasi Pixar dan Walt Disney pada perhelatan Oscar 2012. Rango, film animasi dengan teknologi CGI berhasil memenangkan Academy Award setelah menyingkirkan para nominator yang merupakan hasil produksi Pixar, DreamWorks, maupun Walt Disney.

Film dengan durasi 107 menit ini membutuhkan biaya produksi sekitar 135 Juta US Dollar. Paramount Pictures menunjuk Gore Verbinski sebagai sutradara sekaligus menulis naskah film bersama dengan John Logan dan James Ward Byrkit. Johny Deep yang terlebih dahulu populer sebagai Kapten Jack Sparrow dalam Pirates of Caribian, menjadi pengisi suara untuk karakter Rango.

Rango menceritakan tentang kehidupan antroformisme yang berlatar belakang kehidupan koboi masa “wild west”. Rango sendiri merupakan karakter dari seekor bunglon yang terdampar di Kota Dirt. Kota ini merupakan tipikal kota “wild west”, tanpa hukum dan sangat membutuhkan kehadiran seorang sherif pembela kebenaran.

Meskipun diproduksi dengan biaya hingga 135 Juta US Dollar, namun pendapatan Ranggo dari bioskop hanya terbilang lumayan.  Data dari www.boxofficemojo.com total pendapatan Rango dari bioskop hanya mencapai 245,724,603 US Dollar. Pendapatan ini setidaknya sudah menghindarkan Rango dari “box office bomb” (lihat Animapedia) yang banyak menghantui film-film Hollywood berbiaya tinggi.

Pendapatan Rango yang tidak begitu spektakuler ini salah satunya dipicu oleh jaringan distribusi Paramount yang tidak begitu baik di luar Amerika Serikat. Pada opening weekend di AS, Rango berhasil mendapatkan pemasukan yang cukup baik, yaitu sebesar 38 Juta US Dollar. Dari pemutaran di Amerika Serikat, Rango mendapatkan 123,477,607 US Dollar. Sedangkan dari luar Amerika, Rango mendapatkan 122,246,996 US Dollar. Biasanya, untuk mencapai blockbuster sebuah film Holywood harus maksimal dalam pemasaran di luar Amerika Serikat. Jaringan distribusi Paramount sepertinya memang tidak sebaik Walt Disney.

Namun, meskipun dengan pendapatan yang terbilang hanya lumayan untuk ukuran Hollywood, fim CGI yang rilis perdana ini mampu memenangkan salah satu penghargaan paling prestisius, yaitu Academy Award. Penghargaan lainnya yang cukup prestisius adalah BAFTA Awards dan Annie Awards. total Rango memenangkan 46 penghargaan dengan 24 kali menjadi nominator.

Rango Offical Poster. Courtesy by www.imdb.com

Referensi:

Rango, https://www.boxofficemojo.com/movies/?page=main&id=rango.htm

Rango, https://www.imdb.com/title/tt1192628/awards?ref_=tt_awd

Rango, https://www.rottentomatoes.com/m/rango/

Rango, https://en.wikipedia.org/wiki/Rango_(2011_film)

 

One thought on “Rango

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *