BAFTA 2018

courtesy: www.poles-a-part.com

Perhelatan BAFTA (British Academy of Film and television Arts) tahun 2018 atau edisi yang 71 berlangsung pada 18 Februari di Royal Albert Hall, London. Bertindak sebagai hoast adalah Joanna Lumley, aktris Inggris yang pernah dua kali mendapatkan BAFTA TV Awards.  Perhelatan tahunan edisi ke 71 yang juga dikenal dengan nama British Academy Film Awards ini memberikan penghargaan kepada film-film dari berbagai negara yang tayang di Inggris selama tahun 2017.

Sebagaimana Academy Awards, BAFTA juga memberikan ruang khusus bagi film-film animasi untuk turut serta dalam kompetisi. Pada edisi ke 71 ini, BAFTA memberikan dua kategori kompetisi untuk film animasi yaitu Animated Film dan British Short Animation.

Animated Film merupakan kategori untuk film-film feature animasi. Tahun 2018, kategori Animated Film dimenangkan oleh Coco. Film animasi yang disutradarai Lee Unkrich dan Darla K. Anderson ini memenangkan BAFTA setelah berkompetisi dengan Loving Vincent (Dorota Kabiela, Hugh Weichman, Ivan Mactaggart) dan My Life as a Courgette (Calude Barras dan Max Karli).

Sedangkan British Short Animation merupakan kategori untuk film-film animasi pendek. Poles Apart (Paloma Baeza dan Ser En Low) berhasil mendapatkan British Shor Animation setelah berkompetisi dengan Have Heart (Wil Anderson) dan Mamoon (Ben Steer).

Referensi:

71st, British Academy Film Awards, https://en.wikipedia.org/wiki/71st_British_Academy_Film_Awards

Animated Film in 2018, http://awards.bafta.org/award/2018/film/animated-film

British Short Animation in 2018, http://awards.bafta.org/award/2018/film/british-short-animation

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *