Academy Award 2020

Photo courtesy: www.imdb.com

Perhelatan penghargaan film-film berskala internasional berpuncak Academy Awards. Kompetisi film dari berbagai genre ini menjadi barometer prestisius para pegiat film hampir di semua lini produksi. Dari pekerja film profesional hingga para pelajar yang menekuni produksi film.

Academy Awards tahun 2020 digelar pada 9 Februari. Perhelatan yang merupakan edisi ke 92 ini mengambil tempat di Dolby Theatre, Hollywood & Highland Center, California. Kompetisi film  internasional yang disebut juga sebagai Piala Oscar ini dipandu oleh beberapa host, yaitu Tamron Hall, Billy Porter, Lily Aldridge, Elvis Mitchell, dan Ryan Seacrest.

Film animasi telah menjadi bagian perhelatan ini sejak memasuki era milenium yang diawali oleh Shrek sebagai film animasi pertama yang memenangkan Oscar. Selanjutnya, secara rutin film animasi telah memperkaya Oscar dari berbagai genre.

Academy Awards

The Academy Awards

Film animasi mendapatkan dua kategori khusus dalam Academy Awards, yaitu Animated Feature Film dan Short Film (Animated). Untuk kategori Animated Feature Film, Toy Story 4 berhasil mendapatkan trofi Oscar setelah menyingkirkan empat kompetitornya, yaitu How To Train Your Dragon: The Hidden World, I Lost My Body, Klaus, dan Missink Link.

Sedangkan untuk kategori Short Film, lima film yang berhasil masuk nominasi adalah Hair Love, Dcera (Daughter), Kitbull, Memorable, dan Sister. Hair Love berhasil mendapatkan trofi Oscar sehingga berhaasil masuk ke dalam sejarah penerima Academy Award untuk kategori film animasi pendek.

Short Film (Animated)

__________

Referensi:

Oscars 2020: Parasite sweeps, while Netflix loses out on pretty much everything, https://www.theverge.com/2020/2/9/21130741/oscars-2020-winners-list-best-picture-actor-academy-awards-parasite-1917-joker-netflix Winners & Nominees, https://www.oscars.org/oscars/ceremonies/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *