Mirai

Photo courtesy: www.imdb.com

Setelah tidak mampu berbicara banyak di Annie Award 2018, anime kembali berhasil menapaki papan atas film-film animasi setelah wakilnya, Mirai, berhasil memenangkan salah satu trofi prestisius Annie Award 2019. Pada perhelatan akbar film-film animasi internasional yang digelar 2 Februari 2019, Mirai berhasil mendapatkan trofi Annie Award for Best Animated Independent Feature.

Baca –> Annie Award 2019

Baca –> Academy Award 2019

Mirai mengangkat tema tentang kehidupan sehari-hari dalam sebuah keluarga. Ketika kecemburuan antara saudara menjadi fenomena wajar yang dialami oleh siapa saja. Seorang anak berusia empat tahun, harus menerima kenyataan ketika memiliki adik perempuan yang bernama Mirai. Kun yang selama ini menjadi anak tunggal harus mulai merasakan kasih sayang orang tuanya terbagi antara dirinya dengan adiknya.

Mirai disutradari oleh Mamoru Hosoda. Selain sebagai sutradara, mamoru juga menuliskan naskah film yang berdurasi selama 98 menit ini. Anime yang rilis perdana pada Festival Cannes 2018 ini diproduksi oleh Studio Dentsu dan distribusi dipegang oleh GKIDS.

Selain mendapatkan Annie Award, Mirai juga sempat menjadi nominator untuk kategori Best Animated Feature Film dalam perhelatan Academy Awards 2019. Mirai menjadi anime pertama non Studio Gibhli yang berhasil menjadi nominator Oscar. Total, Mirai hingga saat ini berhasil mendapatkan 5 penghargaan dan 23 kali sebagai nominator.

Rilis komersil perdana Mirai dilakukan pada 29 November 2018. Dari sisi komersil, pendapatan Mirai masih terbilang lumayan dengan angka 813 ribu US Dollar. Angka ini masih bisa bertambah mengingat penayangan Mirai masih dilakukan di berbagai negara.

________

Referensi:

Mirai, https://www.boxofficemojo.com/movies/?id=mirai.htm

Mirai, https://www.boxofficemojo.com/movies/?id=mirai.htm

Mirai, https://www.miraimovie.com/

Mirai review – an anime fantasy that bottles the magic of childhood, https://www.theguardian.com/film/2018/nov/02/mirai-review-mamoru-hosoda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *