Detective Conan: The Crimson Love Letter

Detective Conan: The Crimson Love Letter

Sebuah bom meledak di stasiun televisi Nichiuri pada musim gugur. Bangunan luluh lantak bersisa, dan hanya menyisakan Heiji serta Kazuha, dua orang yang berhasil diselamatkan oleh Detektif Conan. Pelaku pengeboman masih misterius. Tujuan dari peledakan bom tersebut juga masih belum diketahui.

Anime adalah dunia tersendiri dalam animasi sekaligus menjadi bayang-bayang industri raksasa animasi Hollywood. Salah satu keahlian dari para animator Jepang dan mangaka adalah mengadaptasi cerita dari berbagai sumber dan mengolahnya menjadi alur cerita tersendiri yang hampir mendekati orisinil.

Detektif Conan adalah salah satu adaptasi dari cerita legendaris, Sherlock Holmes, yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle. Hanya saja, dalam cerita adaptasi ini, karakater yang diambil adalah Conan, yang memiliki karakteristik Sherlock Holmes.

Cerita detektof adaptasi ini dibuat oleh seorang mangaka bernama Gosho Aoyama. Edisi perdana Detektiff Conan diterbitkan 19 Januari 1994 pada sebuah majalah mingguan bernama Shonen Sunday. Hingga sekarang, Detektif Conan telah diterbitkan sebanyak 94 volume dan 92 diantaranya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Popularitas Detektif Conan membuatnya dibuat ke dalam versi feature anime dan serial televisi. Salah satunya adalah Detective Conan: The Crimson Love Letter. Anime berdurasi 112 menit ini disutradarai oleh Kobun Shizuno dan naskah ditulis oleh Gosho Aoyama (mangaka Detektif Conan). Anime dengan judul asli Meitantei Conan: Karakurenai no raburetâ rilis perdana pada 15 April 2017 (Jepang). Di Indonesia, rilis perdana Meitantei Conan: Karakurenai no raburetâ dilakukan pada 7 Juni 2017.

Secara komersil, dengan pendapatan sebesar 63 US Dollar, anime ini tidak begitu baik jika dibandingkan dengan Your Name maupun Spirited Away. Sampai sekarang, anime dengan pendapatan terbaik masih dipegang oleh Your Name (358 Juta US Dollar) dan Spirited Away (289 Juta US Dollar). Namun, dengan pendapatan yang terbilang pas-pasan tersebut, sang detektif menjadi anime paling komersil tahun 2017.

Dari segi award, tidak banyak yang bisa diberikan oleh sang detektif. Anime ini hanya sempat masuk nominasi dalam Awards of the Japanese Academy untuk kategori Best Animation Film. Meskipun dengan pendapatan yang hanya terbilang lumayan untuk anime dan minim “award”, sang detektif berhasil menjadi karakter adaptasi yang terbilang sangat populer di dunia animasi.

Official Poster (www.imdb.com)

Referensi:

Case Closed, https://en.wikipedia.org/wiki/Case_Closed

Detective Conan: The Crimson Love Letter, https://en.wikipedia.org/wiki/Detective_Conan:_The_Crimson_Love_Letter

Meitantei Conan: Karakurenai no raburetâ (2017), https://www.imdb.com/title/tt5692622/?ref_=ttawd_awd_tt

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *