Nick Park

courtesy: www.imdb.com

Salah satu animator yang berjasa menjaga kelestarian animasi stopmotion adalah Nick Park. Tren 3D CGI selama hampir dua dekade belakangan ini justru memberikan celah kepada Nick Park bagaimana menampilkan stopmotion dalam visual yang lebih 3D daripada 3D CGI itu sendiri. Stopmotion sendiri, sebenarnya secara visual bisa disebut sebagai 3D. Karakter stopmotion yang menggunakan clay animation sebenarnya bisa dikatakan sebagai generasi 3D paling awal. Karakter-karakter non sketsa inilah yang membuat penampilan stopmotion sejak awal sudah ber-genre 3D.

Baca–> Animasi StopMotion

Nick Park, sejak tahun 1985 bergabung ke studio animasi stopmotion yang berbasis di London, Inggris, Aardman Animation. Ketika itu, Nick yang masih menjadi pelajar di National Film and Television School bertemu dengan Peter Lord dan David Sproxton dari Aardman Animation. Setelah bergabung di Aardman, Nick mengerjakan iklan komersil televisi dan mulai mengerjakan film pendek pertamanya, A Grand Day Out, serial pertama dari Wallace and Gromit.

Film pendek pertama Nick tampil di jaringan televisi BBC. Segera film pendek ini mendapatkan popularitas internasional dan masuk nominasi Oscar tahun berikutnya. Film pendek ini kalah di Oscar juga oleh film pendek lainnya yang dibuat oleh Nick, Creatures Comfort (1989). Namun, serial film pendek Wallace and Gromit berhasil mendapatkan Oscar tahun 1993 (The Worng Trouser) dan tahun 1995 (A Close Shave). Feature film animasi yang mengambil tema Wallace and Gromit berhasil mememangkan Oscar tahun 2005 (The Curse of Were-Rabbit).

Baca –> Wallace & Gromit: Teh Curse of Were-Rabbit

Popularitas dan kesuksesan komersil juga dihasilkan dari produksi Nick Park di Aardman, yaitu Chicken Run. Feature film ini melibatkan Mel Gibson dan Imelda Staunton sebagai pengisi suara. Sayangnya, ketika film ini rilis Piala Oscar belum memiliki kategori Best Animated Feature. Film animasi yang merupakan kerjasama dengan DreamWorks Animation ini berhasil mendapatkan kesuksesan komersil ketika dunia sedang dilanda kehebohan teknologi baru, 3D CGI.

Serial animasi karya Nick Park yang sangat populer dan masih diproduksi hingga sekarang adalah Shaun The Sheep. Serial animasi ini mulai tayang perdana di jaringan BBC pada tahun 2007. Tahun-tahun berikutnya, Shaun The Sheep ditayangkan pada berbagai stasiun televisi di puluhan negara.

Baca à Shaun The Sheep

Nick Park memiliki nama lengkap Nicholas Wulstan Park. Lahir di Lancashire, Inggris, pada tahun 1958. Selain sebagai animator, Nick juga bertindak sebagai sutradara dan penulis naskah untuk film maupun serial animasi produksi Aardman. Hasil kerjanya selama di Aardman Animation, Nick telah mendapatkan empat Piala Oscar pada 1989, 1993, 1995, dan 2005. Dan seluruh penghargaan yang telah dikoleksinya total berjumlah 54 trofi.

Nick Park (baju merah) dalam proses produksi The Curse of Were-Rabbit. (www.wallaceandgromit.com)

__________

Referensi:

Aardman, http://www.aardman.com/the-studio/history/

Nick Park, https://en.wikipedia.org/wiki/Nick_Park

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *