Vladislav Starevich (Wladyslaw Starewicz)

Vladislav Starevich (Wladyslaw Starewicz)

Pada setiap kemunculan sebuah seni, selalu ada orang-orang yang dianggap sebagai pelopor atau perintis bagi kemunculan dan perkembangan seni tersebut. Orang-orang ini, meskipun kelak dianggap pelopor, namun seringkali dilupakan oleh generasi sesudahnya seiring langkah maju sebuah karya seni.

Animasi stopmotion, salah satu aliran besar dalam seni pertunjukkan klasik sekarang sudah menjelma menjadi bagian dari raksasa industri perfilman internasional, terutama yang berbasis di Hollywood. Dalam stopmotion, animator yang mendapatkan kehormatan sebagai pembuat film stopmotion pertama adalah Vladislav Starevich.

Vladislav Starevich atau juga dikenal dengan nama Wladyslaw Starewicz, mendapatkan kehormatan ini berdasarkan film animasi stopmotion, The Beatiful Lukanida, yang dirilisnya pada tahun 1910. The Beautiful Lukanida ini dianggap sebagai film animasi stopmotion pertama di dunia.

Vladislav lahir di Moskow, Rusia, pada 8 Agustus 1882, dan merupakan anak dari orangtua yang berwarganegara Polandia.  Sejak masih muda, Vladislav memiliki minat terhadap entomologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang serangga dan pengaruhnya terhadap manusia, lingkungan hidup, serta berbagai organisme lainnya. Vladislav sempat menjadi direktur Museum of Natural History di Kaunas, Lithuania. Minatnya terhadap serangga inilah yang membuatnya memproduksi dokumentasi pendek tentang serangga di Lithuania pada 1909 – 1910.

Selain meneliti serangga, di sela-sela kesibukkannya, Vladislav juga melakukan eksperimen membuat film animasi boneka dengan menggunakan boneka kumbang. Vladislav menggunakan alat bantu berupa kabel toraks yang disambungan dengan segel lilin. Teknik yang digunakannya merupakan terobosan besar dan film animasi boneka dengan judul “Battle of the Stag Beetles” ini dirilis oleh Studio Van Kanjonkov, Moscow, pada tahun 1909. Film ini dikenal sebagai film animasi boneka pertama.

Sebelum rilis film boneka pertama ini, Emile Cohl sudah terlebih dahulu menggunakan animasi stop motion untuk membuat film layanan publik yang berjudul “The Animated Matches” pada tahun 1908. Namun, Vladislav Starewich dianggap orang pertama yang membuat stop motion dengan lebih maju. Misalnya, Vladislav menggunakan boneka serta memasukan cerita di dalamnya dengan teknik yang lebih baik. “Battle of the Stag Beetles” ini dibuat Vladislav setelah terinspirasi oleh “The Animated Matches” karya Emile Cohl.

Setelah “Battle of the Stag Beetles”, popularitas Vladislav semakin meningkat. Film selanjutnya yang dibuat adalah The Beautiful Lukanida (Piekna Lukanida-Russia). Film yang menceritakan perkelahian dua ekor kumbang untuk memperebutkan seekor kumbang yang cantik ini kelak akan dicatat sebagai film animasi stop motion pertama di dunia. Selama di Lithuania, Vladislav memproduksi empat film, yaitu Beyond the River Neumas, The Life of the Dragonfly, The Battle of the Stag Beetles, dan The Beautiful Lukanida.

Tahun 1911, The Beautiful Lukanida tayang di Inggris. Film berdurasi 10 menit ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari warga London. Bahkan, sebuah koran di London ketika itu menyebutkan bahwa serangga yang digunakan dalam film tersebut hidup dan dilatih khusus oleh ilmuwan Russia yang namanya dirahasiakan.

Setelah tidak menjabat direktur museum, Vladislav pindah ke Moskow, Russia. Di tempat baru ini, Vladislav bekerja di studio milik Aleksander Khanzonkov. Seiring popularitasnya yang meningkat, Vladislav terus memproduksi film animasi stopmotion. Filmnya yang berjudul The Ant & The Grasshopper mendapatkan kehormatan yang langsung diberikan oleh Tsar (Kaisar) Nicholas sendiri kepada Vladislav. Beberapa film Vladislav lainnya di Russia yang cukup populer adalah Insect Aviation Week (1912), Four Devils (1913), dan Voyage To The Moon (1913).

Revolusi politik di Russia tahun 1917 membuat Vladislav harus mengungsi ke Paris, Perancis. Di negara baru ini, namanya dikenal sebagai Ladislas Starevich. Di kota inilah Vladislav menghabiskan sisa hidupnya. Selama di Paris, Vladislav melanjutkan membuat film animasi stopmotion. Salah satu film Vladislav yang paling dikenal selama di Paris adalah The Tale of the Fox (1930-1939). Proses pembuatan film ini membutuhkan waktu hingga 10 tahun. Film ini tidak hanya populer di Eropa tetapi juga Amerika Serikat.

Vladislav meninggal pada 26 Februari 1965. Ketika meninggal, Vladislav masih memiliki sebuah film yang belum sempat diselesaikannya, “Like Dog and Cat”. Vladislav adalah sedikit dari animator Eropa yang dikenal di Amerika Serikat sebelum tahun 1960-an. The Mascot, film stopmotion yang dirilis Vladislav pada tahun 1933 ditempatkan sebagai salah satu dari 10 film animasi terbaik sepanjang masa oleh Terry Gilliam.

Vladislav Starevich (www.wikipedia.org)

Tahun 1991, cucu perempuan Vladislav, Leona Batrice, mereproduksi film-film kakeknya. Selanjutnya pada tahun 2000, Doriane Films merilis film-film Vladislav yang dikemas dengan format DVD dalam beberapa seri.

______

Referensi:

Ladislaw Starewicz, https://www.awn.com/heaven_and_hell/STARE/stare7.htm

Ladislas Starevich, https://en.wikipedia.org/wiki/Ladislas_Starevich

Prekrasnaya Lyukanida (1912), http://www.imdb.com/title/tt0002056/

The Beautiful Lukanida, https://filmarchiv.dok-leipzig.de/en/film/?ID=2786&title=TheBeautiful+Lukanida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *