The Golden Age of Animation

The Golden Age of Animation

Ketika Walt Disney dan Ub Iwerk merilis Steamboat Willie, mereka mungkin tidak menyadari bahwa era yang dikenal dengan nama The Golden Age of Animation telah dimulai. Pada 18 November 1928, Walt Disney dan Ub Iwerk merilis film animasi pendek dengan karakter yang kelak melegenda, Mickey Mouse.

Steamboat Willie diproduksi masih dalam format hitam putih. Film animasi pendek yang menjadi debut Mickey Mouse dan Minnie ini merupakan film animasi pertama yang menggunakan suara sekaligus mengakhiri era “film bisu” di dunia animasi. Peluncuran Steamboat Willie, oleh para akademisi dan pegiat animasi dijadikan sebagai gerbang the golden age of animation.

Steamboat Willie, menandai dimulainya era The Golden Age of Animation. (photo courtesy: www.imdb.com)

Namun, sebenarnya beberapa bulan sebelum Steamboat Willie rilis, sudah terlebih dahulu dirilis film animasi Song Car-Tunes yang dibuat oleh Max dan Dave Fleiscer. Namun, popularitas Steamboat Willie membuat orang-orang lebih mengingatnya dibanding Song Car-Tunes.

Keberhasilan memasukkan suara ke dalam film kartun merupakan perubahan besar dalam industri animasi. Namun suara bukan satu-saatunya perubahan penting. Keberhasilan menampilkan film berwarna juga merupakan salah satu fundamen penting bagi popularitas film animasi.

Di masa-masa golden age ini, lahir berbagai karakter animasi yang populer dan ikonik seperti, Mickey Mouse, Popeye, Betty Boop, Tom & Jerry, Bugs Bunny, Goofy, Woody Woodpecker, Pink Panter, the Fox & The Crow, serta Daffy & Donald Duck. Karakter yang berangkat dari komik juga muncul dalam industri animasi seperti Superman Batman, dan Casper. Film feature animasi juga berangkat dari masa golden age, seperti Snow White and the Seven Dwarfs, Pinnochio, Fantasia, Dumbo, dan Bambi.

Tahun 1930, Ub Iwerk yang telah meninggalkan Disney berhasil membuat Flip the Frog untuk MGM. Seri pertama yang berjudul Fiddlesticks merupakan film kartun pertama yang berhasil menggunakan suara sekaligus warna. Ub Iwerk berhasil menggunakan warna dengan teknik dua strip.

Dua tahun kemudian, Walt Disney berhasil melampaui Ub Iwerks dengan teknik berwarna tiga strip. Flowers and Trees, bagian dari serial Silly Symphonies berhasil dibuat dengan menggunakan teknik berwarna tiga strip. Teknik ini berhasil ditingkatkan oleh Disney dua tahun kemudian dalam pewarnaan penuh.

Walt Disney yang merupakan salah satu pelopor golden age of animation berhasil mengembangkan teknik, konten, sekaligus kualitas dan reputasi animasi. Walt Disney juga berhasil menciptakan kamera yang berhasil meningkatkan kualitas film animasi produksinya, yaitu kamera multiplane.

Di masa-masa golden age, studio-studio besar yang berhasil merajai pasar film animasi adalah Walt Disney, Warner Bross Animation, dan MGM. Era golden age of animation berlangsung hingga sekitar awal 70-an. Pada masa-masa golden age, film animasi pendek berbiaya mahal dan diputar di bioskop.

Di pertengahan tahun 60-an, film animasi pendek mulai tayang di televisi. Booming televisi menyedot sebagian besar film-film animasi pendek masuk ke dalam serial televisi. Film animasi pendek berbiaya mahal yang diputar di bioskop mulai ditinggalkan. Era film animasi pendek berbiaya murah bisa disaksikan secara gratis di televisi. Meskipun serial televisi animasi sudah dimulai dari era 40-an, namun membanjirnya chanel-chanel televisi di Amerika pada dekade 60-an membuat akses film animasi yang bisa diakses gratis semakin banyak. Ditutupnya studio Warner Bross Animation, menandai berakhirnya era The Golden Age of Animation.

Referensi:

A Brief History On The Golden Age of Animation, https://www.theodysseyonline.com/brief-history-on-the-golden-age-of-animation

History of Animation: The Golden Age, https://www.zedemanimations.com/en/blog/history-of-animation-golden-age

Golden Age of American Animation, https://en.wikipedia.org/wiki/Golden_age_of_American_animation

The Golden Age of Animation, https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/UsefulNotes/TheGoldenAgeOfAnimation

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *