Tex Avery

Tex Avery

“animator yang menghasilkan karakter penuh dengan humor, sarkastik, dan berbagai lelucon yang membuat anak-anak maupun orang dewasa bisa tertawa dengan alasan yang berbeda”

Animasi di zaman keemasannya pernah diramaikan dengan karakter populer seperti Porky Pig, Bugs Bunny, dan Daffy Duck. Karakter animasi produksi Warner Bross ini memperkaya industri animasi bersama-sama dengan Donald Duck, Mickey Mouse, serta Tom & Jerry.

Porky Pig, Bugs Bunny, dan Daffy Duck diciptakan oleh salah satu animator legendaris milik Hollywood, Tex Avery. Animator dengan nama asli Frederick Bean Avery ini lahir di Taylor, Texas, pada 26 Februari 1908. Sejak masa sekolah setingkat SMA, Tex sudah menerbitkan kartun untuk majalah sekolah maupun surat kabar komersil.

Pada tahun 1926, Tex masuk ke sekolah seni di Chicago. Tidak lama sekolah seni ini, Tex kemudian pindah ke Dallas untuk bekerja. Tahun 1928, Tex bersama teman-temannya bepergian ke California selatan. Di California inilah, yang ketika itu sudah menjadi pusat industri hiburan Amerika Serikat (termasuk film animasi) menarik minat Tex untuk tinggal di sana. Ketika teman-teman Tex memutuskan untuk pulang ke Dallas, Tex memutuskan untuk tinggal di California.

Untuk mencukupi biaya hidupnya di California, Tex menjual strip komik ke surat kabar setempat. Namun, hasilnya masih belum begitu menggembirakan untuk memenuhi kebutuhan Tex. Tidak lama kemudian, Tex bekerja sebagai asisten animator di Walter Lantz Studio yang memproduksi “Oswald The Lucky Rabbit”.

Tidak lama masuk ke studio Lantz, Tex menyadari bahwa dia tidak cukup memiliki bakat seni menggambar. Namun, Tex berusaha untuk  menguasai setiap lini produksi kartun untuk menutupi kekurangannya. Pada tahun ke 5 di studio Lantz, Tex akhirnya dipercaya oleh bosnya untuk mengawasi secara penuh produksi dua film animasi. Di studio Lantz inilah dia juga mendapatkan panggilan kehormatannya, Tex, sekaligus untuk menghormati negara bagian asalnya, Texas.

Setelah cukup memiliki pengalaman di studio Lantz, Tex kemudian pindah ke Warner Bross. Di studio baru ini Tex bekerjasama dengan animator yang kelak juga menjadi legenda, Chuck Jones. Tex melakukan uji coba untuk membuat feature animasi berjudul Gold Diggers of ’49. Feature film pertama yang digarap Tex Avery ini diproduseri oleh Leon Schlesinger.

Tex Avery mengerjakan dan mengawasi produksi film pertamanya ini mulai dari setiap aspek kartunnya. Tex Avery juga membuat beberapa karakter yang kelak akan menjadi legenda, seperti Daffy Duck, Porky Pig, dan Bugs Bunny. Tex melalui karakternya, Bugs Bunny, juga mempopulerkan ucapan “What’s Up, Doc?”, istilah yang telah dikenalnya semenjak masih bersekolah di Dallas.

Pada masa-masa ini, segmen pasar animasi untuk anak-anak sudah dikuasai oleh Walt Disney. Tex dan rekan-rekan kerjanya kemudian membidik segmen animasi yang bisa diterima oleh orang dewasa. Hal ini membuat perubahan tentang gagasan besar film kartun.

Tex Avery dikenal sebagai sutradara animasi pertama yang bekerja dengan prinsip bahwa karakter animasi bisa melakukan apa saja. Penyebabnya adalah karena mereka kartun sehingga bisa dibuat untuk melakukan semua hal yang diinginkan animator atau mereka juga bisa tertimpa kejadian apa saja. Karakter animasi bisa dipotong-potong, jatuh dari jurang, terbang, atau terlindas truk untuk kemudian kembali utuh seperti sedia kala. Tex Avery kemudian dikenal sebagai animator yang menghasilkan karakter penuh dengan humor, sarkastik, dan berbagai lelucon yang membuat anak-anak maupun orang dewasa bisa tertawa dengan alasan yang berbeda.

Sayangnya, konflik dengan pemilik Warner Bross membuatnya harus pindah. Tahun 1941, Tex pindah ke MGM. Di studio baru ini, Tex dikenal sebagai manusia gila kerja dan mampu menghasilkan 5 film per tahun. Kemampuan Tex ini berlangsung selama 13 tahun karirnya di MGM. Karakter populer yang dihasilkan oleh Tex selama di MGM termasuk Droopy Dog dan Red Hot Riding Hood.

Tahun 1954, Tex Avery meninggalkan MGM, studio dimana dia menghabiskan sebagian besar potensi kreatifnya. Sempat kembali sebentar ke studio Lantz dan menciptakan karakter Chilly Willy, Tex kemudian beralih ke dunia iklan. Salah satu hasil kerjanya yang terkenal adalah iklan pestisida yang menampilkan sekumpulan rayap yang berteriak “RAAAID” dan kemudian mati. Tex juga sempat membuat karakter iklan yang cukup terkenal dimasanya, yaitu Frito Bandito.

Selama karirnya sebagai animator, Tex Avery mendapatkan sebuah penghargaan Winsor McCay Award dari Annie Awards tahun 1974. Sebelumnya, Tex sempat masuk nominasi Hugo Awards kategori Best Dramatic Presentation – Short Form tahun 1941.

Tex meninggal dunia pada tahun 1980 (usia 72 tahun) di Burbank, California. Dalam prosesi pemakamannya, mantan rekan kerja Tex Avery di Warner Bross, Chuck Jones, menuliskan memoar “ Saya tidak tahu tentang kejeniusannya karena murid-murid Michaelangelo juga tidak menyadari sebuah fakta bahwa mereka bekerja dengan seorang jenius”.

Tex Avery (www.imdb.com)

Referensi:

Tex Avery, https://www.imdb.com/name/nm0000813/?ref_=nmawd_awd_nm

Tex Avery, https://www.biography.com/people/tex-avery-5540

Tex Avery, https://en.wikipedia.org/wiki/Tex_Avery

Tex Avery (Creator), https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Creator/TexAvery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *