Piala Oscar Untuk Shrek, “Academy Award” Untuk Film Animasi

Piala Oscar Untuk Shrek, “Academy Award” Untuk Film Animasi

courtesy: kluv.cbslocal.com

Shrek berhasil masuk ke jajaran “Hollywood Walk of Fame” setelah menjadi film animasi pertama yang berhasil memenangkan Academy Award for Best Animated FeatureThe Academy memulai sebuah sejarah baru dengan membuat kategori khusus film animasi dalam Piala Oscar ke 74.

Masuknya film-film animasi ke perhelatan Piala Oscar sebenarnya sudah berlangsung jauh sebelum Shrek memenangkannya pada 2001. Hanya saja, sebelum Shrek sangat jarang film animasi yang masuk kecuali dengan kualitas unik atau luar biasa. Film-film yang berhasil masuk ke nominasi Oscar hanya berkutat pada nominasi Best Picture tetapi belum ada kategori Best Animated Feature seperti yang didapatkan Shrek.

Tidak adanya Piala Oscar khusus untuk film animasi didasarkan pada fakta bahwa jumlah film animasi yang diproduksi masih sangat sedikit. Beberapa film animasi berhasil memasuki Academy Award karena memiliki kualifikasi yang istimewa. Beberapa diantaranya adalah Snow White and the Seven Dwarfs tahun 1938, Who Framed Roger Rabbit tahun 1989, dan Toy Story tahun 1995. Satu-satunya penghargaan yang diperoleh film animasi adalah Beauty and the Beast tahun 1991 untuk kategori Best Picture. Semua film animasi yang berhasil ke perhelatan Oscar diproduksi oleh Walt Disney.

Pada pergantian milenium, mulai muncul studio-studio baru yang memproduksi film animasi. Saat itu Walt Disney mulai mendapatkan beberapa pesaing. Salah satu studio yang cukup sukses menjadi pesaing Walt Disney adalah DreamWorks Animation, didirikan oleh Jeffrey Katzenberg yang juga pernah menjadi eksekutif Walt Disney.

Munculnya studio-studio baru ini meningkatkan jumlah film animasi yang beredar setiap tahunnya dan membuat The Academy mempertimbangkan Piala Oscar khusus untuk film animasi. Pada akhirnya, The Academy Award for Best Animated Feature untuk pertama kalinya diberikan pada perhelatan Piala Oscar yang 74. The Academy memberikan syarat khusus bahwa Oscar untuk film animasi tidak akan diberikan jika dalam setahun film animasi yang layak ditayangkan di bioskop tidak mencapai delapan film.

Piala Oscar khusus film animasi ini meningkatkan industri animasi semakin pesat. Studio film animasi semakin bertambah dan animasi menjadi salah satu industri kuat dalam perfilman yang mampu menyaingi film-film konvensional.  Para animator semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas kerja mereka karena memiliki tantangan baru, mendapatkan Piala Oscar.

Daftar Pemenang Academy Award for Best Animated Feature:

Tahun Judul Studio
2001 Shrek DreamWorks Animation
2002 Spirited Away Studio Ghibli
2003 Finding Nemo Pixar
2004 The Incredibles Pixar
2005 Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit Aardman Animation
2006 Happy Feet Animal Logic
2007 Ratatouille Pixar
2008 WALL-E Pixar
2009 Up Pixar
2010 Toy Story 3 Pixar
2011 Rango Paramount/Nickelodeon
2012 Brave Pixar
2013 Frozen Walt Disney
2014 Big Hero 6 Walt Disney
2015 Inside Out Pixar
2016 Zootopia Walt Disney
2017 Coco Pixar/Walt Disney
 

 

 

Referensi:

Academy Award for Best Animated Feature, https://en.wikipedia.org/wiki/Academy_Award_for_Best_Animated_Feature

Academy Story, http://www.oscars.org/academy-story

 

One thought on “Piala Oscar Untuk Shrek, “Academy Award” Untuk Film Animasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *