Ma vie de Courgette

Ma vie de Courgette

Ma vie de Courgette atau juga dikenal dalam bahasa Inggris dengan My Life as a Courgette (Zucchini), merupakan film animasi stop motion berbahasa Perancis. Rilis perdana dilakukan pada Festival Cannes pada 15 Mei 2016. Dilanjutkan pada 22 September di Swiss dan 19 Oktober di Perancis.

Film berdurasi 68 menit ini disutradari oleh Claude Barras dan naskah ditulis oleh Celine Sciamma. Diproduseri oleh Max Karli, proses produksi film menghabiskan biaya produksi sekitar 6,5 Juta US Dollar. Sejak rilis hingga sekarang, pendapatan yang diperoleh baru mencapai angka sekitar 6 Juta US Dollar.

Ma vie de Courgette menceritakan seorang anak kecil bernama Ikar (9 tahun) yang hidup bersama ibunya. Ikar memiliki panggilan “Courgette” (anak yatim), yang diberikan oleh ibunya. Sayangnya, Ibu Ikar menjadi alkoholik setelah ditinggal pergi oleh Ayah Ikar. Suatu hari, ibunya meninggal akibat terjatuh dari tangga setelah mabuk berat.

Seorang perwira polisi, Raymond, kemudian menjadi teman baik Ikar. Raymond pula yang mengantarkan Ikar ke panti asuhan. Di panti asuhan inilah, Ikar memulai kehidupan yang baru. Sebuah lingkungan yang aneh dan seringkali tidak bersahabat. Namun, dengan bantuan Raymond dan teman-temannya, Ikar mulai belajar menerima kenyataan hidup serta percaya dengan masa depannya.

Cerita dalam film ini diadaptasi dari novel Gilles Paris yang berjudul Autobiographie d’une Courgette (2002). Produksi film merupakan kerjasama dari beberapa studio, yaitu Rita Productions, Blue Spirit Productions, Gebeka Films, dan KNM.

Beberapa penghargaan yang berhasil didapatkan oleh Ma vie de Courgette adalah EFA (Best Animated Feature Film – 2016), Annecy (Audience Award dan Cristal Award for Best Feature), Tokyo Animae Award (Award of Excellence), Swiss Film Award, Satellite Award, Lumieres Awards,  dan Cesar Awards. Diperhelatan Annie Awards 2016, film ini sempat masuk nominasi Best Animated Feature – Independent, Outstanding Achievement: Directing in an Animated Feature Production, dan Outstanding Achievement: Writing in an Animated Feature Production. Sedangkan pada Academy Awards 2016, Ma vie de Courgette sempat masuk nominasi untuk kategori Best Animated Feature.

Official Poster (photo courtesy by www.imdb.com)

Referensi:

Ma vie de Courgette (2016), https://www.imdb.com/title/tt2321405/?ref_=ttawd_awd_tt

My Life as a Courgette, https://en.wikipedia.org/wiki/My_Life_as_a_Courgette

My Life as a Zucchini, http://www.boxofficemojo.com/movies/?page=main&id=mylifeasazucchini.htm

My Life as a Zucchini, https://www.europeanfilmawards.eu/en_EN/film/my-life-as-a-zucchini.4719

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *