Kinetoscope

Kinetoscope

Jauh sebelum ditemukannya teknologi layar lebar, LCD, hingga IMAX, orang-orang terlebih dahulu melihat film melalui sebuah alat yang dikenal dengan nama kinetoscope. Alat ini diciptakan oleh ilmuwan besar dari Amerika Serikat yang bernama Thomas Alva Edison. Namun, Edison tidak serta merta menemukan alat ini begitu saja, dia terinspirasi oleh penemuan H.W. Goodwin dan Emile Reynaud beberapa tahun sebelumnya.

Tahun 1887, H.W. Goodwin menemukan seluloid film yang mampu menampilkan gambar bergerak. Alat ini terbuat dari getah pohon kapas dan getah kamper. Selanjutnya, animator Perancis, Emile Reynaud, menemukan alat yang dikenal dengan nama praxinoscope. Alat ini bekerja dengan menggunakan cermin yang berputar sehingga memantulkan gambar dan mampu memproduksi “gambar bergerak” antara 10 sampai 15 menit.

Baca –> Emile Reynaud

Berdasarkan penemuan-penemuan sebelumnya inilah, Edison kemudian mulai melakukan berbagai percobaan untuk menciptakan alat baru yang lebih baik. Pada 25 Februari 1888, seorang ahli fotografi, Eadweard Muybridge, memberikan kuliah umum di Orange, New Jersey. Kuliah umum ini mendemonstrasikan alat ciptaannya, zoopraxiscope. Alat ini memproyeksikan gambar secara sekuensial yang ditarik dari tepi cakram kaca dan menghasilkan ilusi gerak. Dua hari kemudian, Edison dan Muybrigde bertemu melakukan diskusi di laboratorium Edison yang terletak di West Orange.

Oktober 1888, Edison mengajukan sebuah paten kepada Kantor Paten Amerika Serikat (U.S. Paten Office) dan mengumumkan rencananya untuk membuat alat yang “bisa untuk melihat sekaligus mendengarkan”. Alat ini akan menjadi cikal bakal sistem audiovisual yang lengkap.

Pada Maret 1889, Edison melanjutkan patennya untuk sebuah alat yang di sebut dengan nama “kinetoscope”. Nama alat ini di adaptasi dari bahasa Yunani, “kineto” yang artinya gerakan dan “scopos” yang artinya untuk melihat. Dalam proses pengerjaan alat ini, Edison dibantu oleh Dickson, salah satu pegawainya yang sangat berbakat. Dickson kemudian dibantu oleh seorang asisten utama yang bernama Charles Brown.

Dickson dan Brown berhasil membuaat kemajuan dari pengerjaan awal kinetoscope. Awalnya, Edison memiliki ide perekaman foto yang lebarnya 1/32 inci langsung ke sebuah silinder yang terbuat dari bahan buram untuk gambar dan kaca untuk negatif. Silinder ini dilapisi collodion untuk memberikan basis fotografi. Sebuah silinder audio akan memberikan audio yang disinkronkan, sedangkan gambar yang berputar akan bisa dilihat melalui tabung yang menyerupai mikroskop. Ketika tes dilakukan, ternyata gambar melebar hingga menjadi 1/8 inci. Hal ini menyebabkan gambar yang dihasilkan sangat tidak jelas.

Juni 1889, mulai dilakukan eksperimen dengan menggunakan lembaran seluloid sensitif yang bisa dililitkan di sekitar silinder. Lembaran ini menghasilkan basis yang lebih sempurna untuk merekam foto. Film pertama untuk kinetoscope berhasil dibuat dan dikenal dengan judul Monkesyhines, No.1. Film pertama ini masih diperdebatkan apakah dibuat pada Juni 1889 atau November 1890.

Agustus 1889, Edison berkunjung ke Eropa dan Exposition Universelle di Paris. Edison juga mengunjungi ilmuwan fotografi, Etienne-Jules Marey, yang ketika itu berhasil merancang sebuah “chronophotographic gun” yang merupakan cikal bakal kamera film portabel. Alat ini menggunakan sebuah strip film fleksibel yang berfungsi untuk menangkap gambar sebanyak 12 frame per detik.

Sekembalinya ke Amerika Serikat, Edison menyempurnakan kinetoscope tidak hanya menjadi alat berbasis strip film fleksibel, tetapi juga menggunakan pita film berlubang yang dilengkapi dengan sprockets, yang membuat alat angkutnya lebih halus dan baik. Namun, pita film berlubang ini bukan hasil penemuan Edison, tetapi pertama kali dipatenkan oleh Emile Reynaud pada tahun 1888. Bedanya, Reynaud tidak menggunakan film fotografi, tetapi gambar yang dicat pada bingkai gelatin.

Pada Exposition Universelle, Edison melihat Optique Theatre, alat proyeksi berbasis disk yang ditemukan oleh ilmuwan Jerman, Ottamar Anschutz. Optique Theatre ini dianggap merupakan konsep penting yang diterapkan pada kinetoscope. Inovasi penting terletak pada pemanfaatan teori penglihatan dengan menggunakan sumber cahaya intermiten bisa membekukan proyeksi setiap gambar untuk sementara. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi retensi penampil dari berbagai tahap aktivitas yang difoto dengan sangat berbeda. Proses ini menghasilkan ilusi gerak konstan yang sangat efektif. Di akhir 1890, penglihatan intermiten ini menjadi bagian dari desain kinetoscope.

Pada 20 Mei 1891, untuk pertama kalinya dilakukan demonstrasi publik dari prototip kinetoscope. Pada bagian atas alat ini, terdapat lubang kecil yang berdiameter sekitar 1 inci yang digunakan oleh penonton melihat untuk melihat film. Pada demonstrasi pertama tersebut, penonton melihat gambar seorang pria yang membungkuk, tersenyum, dan melambaikan tangan sambil melepas topinya. Gambar tersebut, di masanya, menampilkan kesempurnaan gerak yang membuat kagum penonton. Pria yang menjadi model dalam gambar tersebut adalah asisten laboratorium Edison, yaitu Dickson. Penampilan Dikcson ini kemudian dikenal dengan istilah “Dickson Greeting”.

Cara melihat film melalui kinetoscope. (www.weebly.com)

Tahun berikutnya, kinetoscope mulai dibuat dengan penambahan operasi koin yang menggunakan slot nikel, yang merupakan mekanisme dari sistem penayangan. Untuk bisa melihat film melalui kinetoscope, penonton diharuskan memasukkan koin sebesar 25 sen. Pada tahap tersebut, desain kinetoscop sudah lengkap. Pada Oktober 1892, kinestoscop dinyatakan telah sempurna dan siap digunakan untuk memproduksi film baru.

Thomas Alva Edison memiliki jasa yang penting dalam penemuan alat-alat untuk sinematografi. Untuk jasa-jasanya ini, Academy Award memberikan penghargaan kehormatan khusus yang diberikan kepada Thomas Alva Edison.

___________

Referensi:

History of Animation, http://www.softschools.com/timelines/history_of_animation_timeline/251/

Kinetoscope, https://en.wikipedia.org/wiki/Kinetoscope

On This Day. Edison’s and Dickson’s Kinetoscope On Public Display For The First Time,

http://www.grindhousetherapy.com/on-this-day-in-1891-edisons-and-dicksons-kinetoscope-on-public-display-for-the-first-time/

20 thoughts on “Kinetoscope

  1. Good day very nice web site!! Man .. Excellent .. Wonderful .. I’ll bookmark your website and take the feeds alsoKI am glad to seek out numerous helpful information here in the put up, we need develop more techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *