Era Milenium Animasi

Era Milenium Animasi

Era 90-an meninggalkan warisan penting bagi perkembangan animasi di masa pergantian minlenium, yaitu teknologi CGI. Meskipun, tidak bisa dikatakan sepenuhnya bahwa teknologi CGI adalah satu-satunya di era milenium, namun revolusi visual dalam film animasi telah dimulai ketika teknologi CGI diinisiasi oleh Pixar.

Keberhasilan animasi memperoleh popularitasnya setelah beberapa dekade tenggelam mencakup banyak faktor, bukan semata-mata teknologi CGI. Animasi 2D dan stopmotion sudah cukup merasakan masa-masa sulit selama era kegelapan berhasil dengan melakukan inovasi dalam cerita dan tampilan visual. Disney yang sempat hampir gulung tikar berhasil selamat setelah Beauty & The Beast sukses secara komersil dan mendapatkan Academy Award.

Disney dan anime berhasil melakukan inovasi dalam film bergenre 2D, Aardman melakukan terobosan dalam stopmotion, dan Pixar membawa teknologi CGI. Inovasi dalam seni dan teknologi dalam tiga genre inilah yang membawa  film animasi kembali ke papan atas industri hiburan. Berbagai studio animasi bahkan berani menggelontorkan dana hingga ratusa juta dollar Amerika Serikat untuk produksi sebuah film animasi.

Memasuki masa milenium, film animasi kembali mendapatkan kemapanannya dalam industri hiburan. Kemapanan animasi milenium ini bahkan melebihi apa yang mereka capai di masa-masa keemasan.  Kemampuan studio-studio animasi memproduksi film animasi dengan memadukan seni dan teknologi tinggi menjadikan film animasi secara komersil menyamai perolehan film-film live action. Film animasi seperti Shrek, Despicable Me, Frozen, Tangled, menghabiskan biaya ratusan juta dollar dengan box office yang lebih besar.

Tahun 2002, Academy Awards yang melihat perkembangan film animasi terutama dengan teknologi CGI yang semakin pesat, akhirnya memutuskan untuk memberikan satu kategori khusus, yaitu Best Animated Feature of The Year.

Pada masa-masa sekarang ini, film animasi berada dipuncak popularitasnya yang melebihi masa-masa keemasan. Selama hampir dua dekade lamanya, sudah menjadi hal yang lumrah bahwa produksi sebuah film animasi menghabiskan biaya hingga ratusan juta dollar. Perpaduan seni dan teknologi memang membuktikan bisa menjadi kolaborasi yang mendukung sebuah industri raksasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *