EFA

EFA

Perkembangan film internasional ditunjang oleh beberapa akademi perfilman yang bertugas melakukan berbagai riset dan eksperimen untuk meningkatkan kualitas film dari tahun ke tahun. Di Amerika Serikat, selama puluhan tahun berbagai riset dan eksperimen dilakukan oleh The Academy of Motion Pictures and Arts Sciences atau yang lebih dikenal dengan nama The Academy.  The Academy juga memberikan penghargaan tahunan yang bersifat kompetisi maupun honorarium (kehormatan) yang populer dengan sebutan Piala Oscar.

Eropa sebagai salah satu barometer film internasional juga memiliki akademi yang berfungsi hampir sama dengan The Academy, yaitu European Film Academy (EFA). Secara tradisi, Eropa merupakan benua yang banyak mempelopori berbagai genre film, baik film-film konvensional maupun film animasi. Bahkan, perkembangan film animasi dewasa ini berawal dari berbagai eksperimen animator Eropa jauh sebelum Walt Disney bekerja di Hollywood.

Berdirinya EFA berawal dari seremoni pertama European Film Awards yang berlangsung pada November 1988 di Berlin (ketika itu Berlin Barat), Jerman. Penghargaan film se-Eropa ini merupakan ide Volker Hassemer (Senator Kebudayaan Berlin Barat) untuk merayakan bersama para pegiat film mengenai perfilman Eropa. Pada malam hari sebelum seremoni, diadakan pertemuan yang melibatkan beberapa pegiat film Eropa seperti Bernardo Bertolucci,  Isabelle Huppert, Wim Wenders, Ben Kingsley, Krzysztof Zanussi, István Szabó, Mikis Theodorakis, Erland Josephson, Nikita Mikhalkov, dan beberapa lainnya. Pertemuan yang berlangsung hingga pagi tersebut membicarakan mengenai kepedulian mereka mengenai perfilman Eropa dan ide untuk membentuk akademi film Eropa.

Hari selanjutnya, para peserta pertemuan menghadiri seremonial award di Berlin’s Theaterndes Westens. Mereka bergabung dengan rekan-rekan para pembuat film seperti Ingmar Bergman, Anthony Hopkins, Giulietta Masina, Carmen Maura, Pedro Almodóvar, Krzsystof Kieslowski, Ornella Muti, Max von Sydow, dan Richard Attenborough. Ketika itu, Eropa masih belum menjadi Uni Eropa. Pada saat penganugerahan award, Krzysztof Kieslowski (Polandia) yang memenangkan Best Film menyampaikan harapan bahwa Polandia menjadi bagian dari Eropa.

Beberapa bulan kemudian, para pembuat film tersebut mendirikan European Cinema Society (ECS), yang selanjutnya berubah menjadi European Film Academy. Ingmar Bergman, sineas dari Swedia terpilih sebagai presiden pertama EFA hingga tahun 1996. Kantor pusat EFA ditetapkan berada di Berlin, Jerman.

Seremonial award yang kedua selanjutnya digelar di Paris pada tahun 1989. Saat itu, dunia sedang mengalami transisi politik internasioal yang dramatis ditandai dengan runtuhnya tembok Berlin. Eropa sedang menata ulang relasi antar negara diantara sesama mereka dan hal ini memberikan semangat yang luar biasa bagi para sineas ketika itu. Mereka melintasi batas-batas negara yang sebelumnya tertutup dari dunia luar.

Tahun 1990, seremonial award mengambil tempat di Glasgow, Skotlandia. Saat itu yang menerima award untuk Lifetime Achievement adalah Andrzej Wajda. Tahun 1991, seremonial award kembali berlangsung di Berlin. Ini merupakan saat-saat bersejarah setelah Berlin kembali bersatu. Seremonial tahun 1991 telah menjadi agenda tahunan yang mapan bagi EFA dan terus berlangsung hingga sekarang.

Pergantian pemimpin EFA terjadi pada tahun 1996. Nik Powell menjadi ketua dan Wim Wenders menggantikan Ingmar Bergman sebagai presiden EFA. Pada era ini, EFA menjadi lebih terbuka keanggotaannya dan mulai melirik film untuk kepentingan industri entertainment.

Pada hari jadi ke 20 (tahun 2007), EFA mengadakan seremonial award di Berlin. Seremonial tersebut menampilkan para pendiri EFA untuk menyampaikan sejarah dan berkembangnya EFA dari masa ke masa.

Pada tahun 2008, untuk pertama kalinya seremonial digelar di Denmark. Seremonial tersebut disiarkan secara langsung oleh jaringan televisi nasional Denmark. Setahun kemudian, seremonial kembali berlangsung di Jerman dan untuk pertama kalinya bertempat selain Berlin, yaitu di Ruhr, Essen, dan Bochum. Tahun 2009, untuk pertama kalinya seremonial digelar di Estonia.

Seremonial award setiap dua tahunan selalu digelar di Berlin. Jeda setahun, seremonial digilir di negara-negara lain yang belum pernah menjadi tuan rumah seremonial. Seremonial award 2017 atau yang ke 30 akan berlangsung pada 9 desember di Berlin. Acara seremonial ini bisa diikuti secara live streaming memalui situs www.europeanfilmawards.eu.

Secara keseluruhan, seremonial European Film Award  dibagi ke dalam 22 kategori. Sejak seremonial tahun 2009 di Estonia (edisi ke 22), European Film Award memasukkan kategori khusus untuk film animasi, yaitu European Film Award for Best Animated Feature Film. Award khusus film animasi ini diberikan kepada sutradara feature film animasi yang lahir di Eropa atau memiliki passport Eropa.

Daftar pemenang European Film Award for Best Animated Feature Film 2009 – 2016:

Tahun Judul (Inggris) Judul Asli Sutradara Negara
2009 Mia and The Migoo Mia et le Migou Jacques-Remy Firerd Perancis/Italia
2010 The Illusionist L’Illusionniste Sylvain Chomet Perancis/Inggris
2011 Chico and Rita Chico y Rita Tono errando, Javier Mariscal, Fernando Trueba Spanyol
2012 Alois Nebel Tomas Lunak Ceko/Jerman
2013 The Congress Ari Folman Israel/Jerman/Polandia/Luksemburg/Perancis/Belgia
2014 The Art of Happiness L’arte della Felicita Alessandro Rak Italia
2015 Song of the Sea Tomm Moore Irlandia/Perancis/Luksemburg/Denmark/Belgia
2016 My Life as a Courgette Ma vie de courgette Claude Barras Perancis/Swiss
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/European_Film_Award_for_Best_Animated_Feature_Film

 

________

European Film Academy, http://www.europeanfilmacademy.org/European-Film-Academy.35.0.html

European Film Awards For Best Animated feature Film, https://en.wikipedia.org/wiki/European_Film_Award_for_Best_Animated_Feature_Film

European Film Academy, https://en.wikipedia.org/wiki/European_Film_Academy

History, http://www.europeanfilmacademy.org/History.42.0.html

3 thoughts on “EFA

  1. Hello admin, i must say you have hi quality articles here.
    Your website can go viral. You need initial traffic
    boost only. How to get it? Search for; make your content go viral Wrastain’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *