E.C. Segar & “Popeye”

E.C. Segar & “Popeye”

Industri film animasi dan para animatornya telah menghasilkan banyak karakter fiktif. Tidak terhitung jumlah karakter fiktif yang dihasilkan ini. Karakter-karakter fiktif ini banyak mengalami kesuksesan baik secara komersil maupun popularitasnya. Namun, tidak banyak karakter fiktif ini yang mampu memiliki penggemar hingga ke lintas generasi.

Salah satu karakter fiktif yang berhasil mendapatkan penggemar lintas generasi adalah Popeye si Pelaut. Sampai sekarang, ketika nama Popeye disebut maka akan terlintas sosok yang mengenakan seragam pelaut dengan cerutu dan memiliki kekuatan luar biasa ketika memakan bayam. Si pelaut ini memiliki musuh abadi yang bernama Brutus.

Pencipta karakter fiktif Popeye ini adalah animator Amerika Serikat yang bernama Elzie Crisler Segar. Lahir pada 8 Desember 1894 di Chester, Illionis, sebuah kota kecil dekat Sungai Mississippi. Segar adalah anak seorang tukang yang bekerja memperbaiki rumah orang-orang di sekitarnya. Segar kecil terbiasa membantu ayahnya mengecat rumah dan memasang kertas dinding.

E. C. Segar (www.wikipedia.com)

Bakat seni Segar sudah terlihat dari kecil dari kemampuannya bermain drum. Dia juga mampu membuat musik pengiring untuk teater lokal yang membuatnya mendapatkan pekerjaan sebagai proyektor film di Chester Opera House. Menginjak usianya yang ke 18, Segar memutuskan untuk menjadi kartunis. Dia mengambil kursus kartun secara korespondensi dengan W. L. Evans dari Cleveland, Ohio. Segar muda belajar menjadi kartunis dengan sangat tekun. Dia belajar dari tengah malam setelah bekerja hingga pukul 3 pagi.

Barry The Boop (www.wikipedia.org)

Demi menunjang keinginannya menjadi kartunis, Segar kemudian pindah ke Chicago. Di kota ini, Segar bertemu dengan Richard F. Outcault, pencipta The Yellow Kid and Buster Brown. Outcault memberikan dukungan semangat ke Segar dan mengenalkannya kepada harian Chicago Herald. Harian ini menerbitkan komik pertama Segar yang berjudul “Charlie Caplin’s Comedy Capers” pada 12 Maret 1916. Komik ini muncul selama setahun di Chicago Herald. Setahun kemudian, Segar menciptakan “Barry The Boob”.

 

Tahun 1918, Segar pindah ke Chicago Evening American. Di tempat kerja baru ini dia membuat Looping the Loop dan bekerja sebagai kritikus drama. Tahun 1919, Segar mulai meliput event olahraga World Series dan menciptakan  delapan kartun untuk halaman olahraga.

William Curley, Manajer Direktur Evening American, menganggap Segar akan lebih bisa mengembangkan karirnya di New York. William kemudian mengirim Segar ke King Features Syndicate, New York. Segar kemudian bekerja selama bertahun-tahun di tempat baru tersebut dan mulai menggambar Thimble Theatre untuk New York Journal. Strip gambar buatan Segar ini mulai debutnya pada 19 Desember 1919. Thimble Theatre menampilkan karakter Olive Oyl, Castor Oyl, dan Harold Hamgravy (disingkat menjadi Ham Gravy). Karakter ini muncul sebagai tokoh utama selama 10 tahun.

Tahun 1920, Segar membuat The Five-Fifteen for King Features yang kemudian judulnya diganti menjadi Sappo pada tahun 1926. Komik ini dimuat setiap hari Senin hingga Sabtu dan mmenceritakan kisah John dan Myrtle Sappo, pasangan yang hidup dipinggiran kota. Segar kemudian menambahkan karakter baru, Profesor O. G. Wotasnozzle. Professor ini memiliki mesin aneh yang kemudian menjadi inti cerita Sappo.

Sappo (www.wikipedia.org)

17 Januari 1929, ketika Castor Oyl membutuhkan karakter pelaut untuk memandu kapalnya ke Pulau Dice, Segar mengambil inspirasi pelaut tua di dermaga yang bernama Popeye. Baris pertama Popeye di strip adalah ketika ditanya apakah dia seorang pelaut, jawabannya adalah “Ya, kamu pikir saya cowboy?” karakter Popeye ini berhasil mendapatkan atensi dan segera menjadi bintang permanen. Karakter lain yang ditambahkan adalah J. Wellington Wimpy dan Eugene The Jeep.

Setelah lama berkutat dengan penyakit leukemia dan hati, akhirnya Segar harus menutup mata pada usianya yang 43 tahun pada Oktober 1938. Popularitas Segar mungkin tidak mentereng seperti Walt Disney dan Hanna-Barbera, namun Popeye cukup tenar untuk dibandingkan dengan Donald-Mickey atau Tom and Jerry. Tidak banyak animator yang meskipun sangat cakap tapi mampu menciptakan karakter yang mendapatkan penggemar hingga lintas generasi.

_________

Referensi:

E. C. Segar, https://en.wikipedia.org/wiki/E._C._Segar

E. C. Segar, http://popeye.wikia.com/wiki/E._C._Segar 

E. C. Segar Sees Green, http://home.earthlink.net/~thimbletheatre/ecsegar.html

Elzie Segar, https://www.britannica.com/biography/Elzie-Crisler-Segar

 

 

 

 

 

 

One thought on “E.C. Segar & “Popeye”

  1. After checking out a handful of the blog articles on your blog, I truly appreciate your technique of blogging.
    I book marked it to my bookmark webpage list and will be checking back soon. Take a look at my website as well and
    tell me your opinion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *