Chuck Jones: Animation isn’t the Illusion of Life; It is Life!

Chuck Jones: Animation isn’t the Illusion of Life; It is Life!

Looney Tunes, salah satu serial animasi yang populer dari zaman “golden age of animation” hingga sekarang. Tidak banyak produksi animasi dari zaman tersebut yang mampu memiliki penggemar hingga lintas generasi. Beberapa seri Looney Tunes pun sempat memperoleh Oscar.

Chuck Jones, merupakan animator yang pernah terlibat sebagai sutradara dalam pembuatan Looney Tunes. Lahir di Wasjinton, Amerika Serikat pada 21 September 1912.  Chuck Jones sempat menyaksikan popularitas Charlie Caplin. Dan yang paling menentukan adalah, Chuck Jones terlibat dalam era “golden age of animation” bersama dengan Walt Disney, Ub Iwerks, serta Hanna-Barbera.

Salah satu kutipan populer dari Chuck Jones yang pantas dikenang oleh para animator di seluruh dunia adalah “animation isn’t the illusion of life, it is life”. Animasi bagi Cuck Jones bukanlah sebuah ilusi kehidupan, namun sebuah kenyataan hidup. Bagi Chuck Jones, animasi adalah membawa realitas kehidupan ke dalam gambar kartun. Chuck Jones pernah mengatakan bahwa “Bug adalah aspirasi, Daffy adalah realisasi”. Selama masa-masa aktif sebagai animator, Chuck Jones telah membuat sebanyak 300 film animasi, tiga kali meraih Oscar sebagai sutradara, dan sebuah honorary The Academy Award for Lifetime Achievement tahun 1996.

Sebagaimana masa kecil para animator, Chuck Jones kecil juga memiliki bakat menggambar. Chuck Jones kecil bersama keluarganya kemudian pindah ke Los Angeles, California. Di kota inilah, Chuck Jones menjadi saksi bagaimana kiprah para artis Hollywood saat itu, semisal Charlie Chaplin atau Buster Keaton.

Chuck Jones kecil mulai belajar menggambar dengan menggunakan alat tulis dari ayahnya. Menurut Chuck Jones, ayahnya adalah seorang pengusaha yang sering gagal. Ketika memulai bisnis baru, ayahnya akan membuat lembaran kertas dan pensil dengan nama perusahaan. Saat perusahaan gagal, ayahnya segera memberikan lembaran kertas dan pensil kepada Chuck Jones dan saudara-saudaranya. Lembaran kertas dan pensil tersebut harus segera dihabiskan. Chuck Jones dan saudara-saudaranya tidak melewatkan kesempatan menggunakan peralatan tulis berkualitas tinggi tersebut.

Suatu hari, seorang profesor di kelas seni memberi tahu murid-muridnya (termasuk Chuck Jones), bahwa mereka harus memiliki setidaknya 100 ribu gambar buruk untuk bisa menggambar sesuatu yang berharga. Penjelasan profesor seni tersebut membuat Chuck Jones dan saudara-saudaranya bersemangat karena mereka telah menggambar lebih dari 200 ribu. Dengan bekal ini, Chuck Jones mulai menekuni dunia seni gambar.

Setelah lulus dari Chouinard Art Institut, Chuck Jones bekerja bersama temannya, Fred Kopietz, yang telah bekerja di studio milik Ub Iwerks. Di studio milik Ub Iwerks ini, Chuck Jones bekerja sebagai pencuci cel, kemudian beralih menggambar hitam putih. Chuck Jones selanjutnya menjadi “perantara”, yaitu menggambar di antara gambar-gambar yang telah dibuat oleh animator.

Tahun 1933, Chuck Jones kemudian masuk sebagai asisten animator di Leon Schlesinger Production, sebuah studio yang memproduksi Looney Tunes dan Merrie Melodies untuk Warner Bross. Dua tahun setelahnya, Chuck Jones naik pangkat menjadi animator dan bekerjasama dengan sutradara baru, Tex Avery.

Tahun-tahun berikutnya di Leon Schleinger, Chuck Jones dipercaya sebagai perekrut animator, sutradara, dan layouter background. Di studio inilah, Chuck Jones berhasil membuat karakter animasi pertamanya, Sniffles. Karakter ini kemudian menjadi populer dalam daftar karakter yang milik Warner Bross. Animation.

Selama masa-masa “the golden age of animation”, Chuck Jones berjasa membantu memberikan sentuhan yang lebih hidup untuk berbagai karakter milik Warner Bross, seperti Bugs Bunny, Daffy Duck, Elmer Fudd, dan Porky Pig. Sedangkan karakter yang dibuatnya sendiri selain Sniffles adalah Road Runner, Wile E. Coyote, Marvin Martian, Pepe le Pew, Michigan J. Frog, dan banyak lainnya. Chuck Jones juga menjadi sutradara sekaligus penulis naskah untuk versi animasi televisi novel Dr. Seuss, How the Grinch Stole Christmas. Sebuah film feature sempat digarapnya  dengan judul The Panthom Tollbooth.

Baca –>The Grinch

Setelah Warner Bross Animation tutup pada tahun 1962, Chuck Jones sempat masuk Walt Disney meskipun sangat singkat. Setelah itu dia masuk ke MGM Studios, untuk melanjutkan episode baru serial Tom and Jerry. Selanjutnya, Chuck Jones menyutradarai film yang memenangkan Oscar, The Dot and the Line.

Masih di tahun 1962, Chuck Jones mulai merintis perusahaannya sendiri dengan nama Chuck Jones Enterprises. Perusahaan ini sempat memproduksi sembilan film animasi berdurasi 30 menit semisal Mowgli’s Brothers, The White Seal, dan Rudyard Kipling’s Rikki Tavi.

Salah satu film mini epik Wagnerian yang dibuat Chuck Jones, “What’s Opera, Doc?” masuk ke dalam National Film Registry. Film animasi ini dianggap menjadi salah satu film yang memiliki muatan budaya, sejarah, dan estetika penting.

Karya-karya dari Chuck Jones kemudian hari mendapatkan kehormatan pada berbagai festival film dan museum di berbagai dunia. Tahun 1989, Chuck Jones merilis buku auto biografi yang sampai sekarang sudah cetak ulang hingga lima kali.

Tahun 2000, Chuck Jones mendirikan Chuck Jones Foundation (sekarang bernama Chuck Jones Center for Creativity) yang didedikasikan untuk menggali, mendukung, dan menginspirasi kelanjutan dari seni animasi klasik. Lembaga ini memberikan visi untuk mengilhami orang-orang yang memiliki bakat kreatif untuk menghasilkan karya yang riang, penuh semangat, dan harmonis.

The popular cartoon series Wile E. Coyote and the Road Runner were created by Warner Bros. animation director Chuck Jones and first appeared on September 17, 1949. (Cartoon Art Museum) –>http://www.achievement.org

Chuck Jones meninggal pada 22 Februari 2002, di California, pada usianya yang ke 89 tahun. Warisan berharga yang ditinggalkan oleh Chuck Jones adalah kejeniusan, humor, kegembiraan, dan penonton yang tertawa mellaui film-film animasinya.

 

Referensi:

About Chuck Jones, http://www.chuckjones.com/about-chuck-jones

Chuck Jones, https://en.wikipedia.org/wiki/Chuck_Jones

Chuck Jones (American Animator), https://www.britannica.com/biography/Chuck-Jones

Chuck Jones, https://www.thefamouspeople.com/profiles/chuck-jones-3712.php

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *