Bagaimana Cara Kerja Sutradara Film Animasi?

Bagaimana Cara Kerja Sutradara Film Animasi?

Para penggemar film animasi pasti pernah bertanya-tanya, bagaimanakah cara kerja sutradara film animasi? Dalam film-film konvensional, sutradara berhubungan langsung dengan pemain. Sutradara meng-casting para pemain, kemudian memberinya skrip naskah, dan mengarahkan pada saat syuting.

Lantas, bagaimana dengan film animasi? Sutradara film animasi memiliki masalah khusus bahwa yang diarahkan bukan pemain, tetapi para animator. Pemain film konvensional masih dibutuhkan dalam film animasi, namun hanya sebagai dubber atau pemberi suara pada karakter animasi. Dalam pembuatan film animasi, sutradara harus mampu berkomunikasi dengan baik sehingga animator mampu menerjemahkan ide-ide sutradara dalam bentuk rangkaian animasi.

Sutradara animasi terlibat langsung dalam setiap tahap proses produksi. Bahkan, kadang-kadang sutradara animasi melakukan banyak peran dari konsep naskah awal, skenario, storyboard, membuat animasi, melakukan casting dubber, pengarah artistik, mengarahkan animator, bekerja dengan komposer untuk membuat backsound dan soundtrack, hingga aransement dan finishing.

Pada prinsipnya kerja sutradara konvensional dengan sutradara animasi sama, yaitu sebagai pengarah yang menentukan hasil film sesuai dengan skenarionya. Sutradara mengawasi semua tampilan film, dari gaya, tata suara, dan pencahayaan, serta ikut campur dalam setiap aspek produksi. Perbedaan sutradara konvensional dengan animasi, adalah sutradara animasi memiliki kontrol dan tanggung jawab lebih besar. Sutradara film konvensional tidak akan terlibat dalam hal-hal kecil (micromanaging), misalnya sutradara film konvensional tidak berkata kepada pemain “saat Anda mengatakan ini, lihat di sini, dan lakukan ini dengan tangan Anda dan lakukan  ini dengan kaki Anda”.

Sutradara film animasi memiliki pekerjaan utama dalam hal micromanaging. Film animasi lebih merupakan hasil dari produk pandangan subyektif sutradara daripada film-film konvensional yang juga mengandalkan improvisasi pemain.

Sama seperti film konvensional, fase pertama dari pembuatan film animasi adalah skenario. Dalam hal ini tidak semua studio memiliki fase yang sama. Beberapa studio membutuhkan skenario sebelum produksi dimulai. Sedangkan beberapa studio lainnya, misalnya Pixar, memulai produksi dengan konsep umum dan membiarkan plot serta karakter berkembang bersamaan dengan visualnya.

Animator melakukan presentasi kepada sutradara berupa sketsa awal karakter, setting, dan bagian-bagian set utama. Dalam pembuatan animasi CGI, animator akan melakukan render gambar 2D menjadi 3D sejak awal. Namun, cara ini bisa dikerjakan sambil jalan. Selanjutnya, sesuai dengan arahan sutradara para animator memetakan storyboard dan membuat gambar rinci untuk setiap pengambilan gambar dalam film.

Sutradara animasi juga menangani langsung proses casting pemain yang akan mengisi suara karakter animasi (dubbing). Proses dubbing dilakukan sebelum para animator mulai mendesain karakter. Hal ini diperlukan untuk para animator agar bisa menyesuaikan karakter dengan pengucapannnya. Situasi ini membuat konteks adegan menjadi tidak selalu detail sehingga tugas sutradara untuk membuat rinciannya. Misalnya, sutradara harus mengingatkan apakah karakter dalam kondisi mengantuk, senang, atau sedang menangis. Beberapa sutradara animasi seperti Hayao Miyazaki men-dubbing suara setelah animasi selesai.

Tom McGrath (sutradara, kedua dari kiri) sedang mengarahkan para dubber dalam sesi mengisi suara untuk karakter animasi dalam film Pinguin of Madagascar produksi DreamWorks. (www.movieweb.com)

Setelah dubbing selesai, soundtrack di-cut bersamaan dengan keseluruhan storyboard untuk menghasilkan apa yang dikenal dengan “animatic”, semacam tayangan slide audio dari keseluruhan film. Tayangan slide ini sekarang dilakukan secara digital. Sutradara kemudian menetapkan karakter yang berbeda ke setiap animator yang berbeda, sesuai dengan keahlian masing-masing animator. Tim animator terdiri dari beberapa keahlian semisal menggambar karakter realistis, karakter dengan mata yang besar, atau karakter kartun seperti Betty Boop. Beberapa animator lebih ahli dalam hal mendesain wajah dan emosi, sedangkan animator lainnya lebih ahli dalam gerakan dan slapstick. Sutradara memiliki wewenang penuh untuk menentukan animator yang sesuai dengan latar belakang keahliannya.

John Malkovich ketika sedang melakukan dubbing untuk karakter gurita dalam film Pinguin of Madagascar. (www.cgmeetup.net)

Sutradara film animasi bekerja dengan animator sebagaimana halnya sutradara film konvensional bekerja dengan para pemainnya. Mereka mempelajari storyboard bersama-sama dan menjelaskan secara detail dari setiap adegan yang telah dirancang. Para animator kemudian mendesain bagian animasi secara terpisah frame demi frame dan menunjukkan hasilnya kepada sutradara. Sutradara kemudian membuat penilaian untuk menyetujui atau melakukan modifikasi. Klip yang telah dihasilkan dibuat berkali-kali sampai selesai yang prosesnya bisa berbulan-bulan tergantung seberapa rumit materinya.

Bagaimanapun juga, sutradara tetap membawa sentuhan personal mereka. Chuck Jones (sutradara The Looney Toones), salah satu sutradara yang dikenal turun tangan menangani ratusan frame hanya untuk tayang dalam beberapa menit. Selain itu, animator dibiarkan bekerja dengan ide mereka sendiri. Setiap adegan selesai akan dimasukkan ke dalam slot animatic slide show. Dengan cara ini sutradara bisa melihat film secara keseluruhan berdasarkan per adegan.

Ketika film secara keseluruhan hampir selesai, maka dilakukan “locked” atau perubahan secara besar tidak boleh dilakukan lagi. Pada fase ini sutradara bersama komposer dan desainer sound effect mulai merekam soundtrack serta suara background seperti suara angin, air, klakson, atau pintu. Setelah itu, akan dilakukan sound mixer dan menggabungkannya dengan dialog-dialog sudah direkam sebelumnya. Tugas terakhir sutradara adalah memastikan semua sudah tepat sesuai dengan skenario dan teknis audio visual.

________

Referensi:

Rebecca Manley, What is Animation Director? https://www.directors.uk.com/news/what-is-an-animation-director

Christopher Beam, What Does the Director of an Animation Movie Do? http://www.slate.com/articles/news_and_politics/explainer/2009/05/once_more_with_less_pixelation.html

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *