BAFTA

BAFTA

BAFTA (British Academy of Film and Television Arts) adalah salah satu penghargaan perfilman yang berusia cukup tua di luar lingkungan industri Hollywood. Inggris menjadi salah satu negara non Amerika yang memiliki industri film cukup besar. Film-film konvensional hingga film animasi di Inggris berkembang cukup pesat sehingga tumbuh menjadi industri hiburan yang melibatkan banyak orang dari berbagai disiplin ilmu. Pesatnya industri film di Inggris inilah yang mendorong munculnya organisasi khusus yang memberikan “award” kepada insan-insan perfilman untuk dedikasi dan prestasi mereka.

BAFTA tidak hanya bertujuan memberikan “award” tetapi juga melakukan riset dalam bidang sains dan teknologi, mengembangkan film sebagai karya seni, dan melakukan dokumentasi film dari masa ke masa. Berbagai hal yang dikerjakan oleh BAFTA ini dalam rangka menjaga industri perfilman di Inggris agar tidak ketinggalan zaman sekaligus meningkatkan mutu film dalam kaidah karya seni.

Akademi perfilman Inggris Raya ini dibentuk pada 16 April 1947 di Hotel Hyde Park, London. Ketika itu sekelompok praktisi perfilman di Inggris berkumpul dan memutuskan pentingnya membuat sebuah akademi untuk memajukan industri perfilman di Inggris. Seorang sutradara, David Lean, akhirnya ditunjuk sebagai ketuanya. Tujuan awal dari pertemuan di Hotel Hyde Park ini adalah untuk “mengenali orang-orang yang telah memberi kontribusi karya kreatif yang luar biasa untuk kemajuan perfilman Inggris Raya”. Ketika itu, akademi masih bernama BFA (British Film Academy).

Tahun 1958, sebelas tahun setelah berdiri, BFA menyatukan diri dengan Guild of Television Producers and Directors. Kedua organisasi ini kemudian membentuk The Society of Film and Television Arts (Komunitas Seni Film dan Televisi). David Lean menyumbangkan royalti ke society dari dua film garapannya, yaitu Bridge On The River Kwai dan Doctor Zhivago. Sumbangan ini memberikan modal kerja berharga kepada society di tahun-tahun awal berdirinya.

Awal tahun 1970, Ratu Inggris memberikan royalti dari film dokumenter keluarga kerajaan garapan Richard Cawston kepada society. Pemberian hadiah royalti ini memungkinkan society pindah kantor dari Great Portland Street ke 195 Piccadilly. Kantor baru ini dilengkapi dengan dua mini teater dan sebuah tempat pertemuan untuk anggota society.

Tahun 1976, kantor baru society diresmikan dan dihadiri oleh Ratu Inggris, Duke of Edinburgh, Princess Anne, dan Earl Mountbatten of Burma. Peresmian kantor baru di 195 Piccadilly ini juga meresmikan society dengan nama baru The British Academy of Film and Television Arts (BAFTA). Istilah BAFTA kemudian juga diresmikan dan masuk ke dalam kosa kata Bahasa Inggris.

Perhelatan award pertama dilakukan pada 29 Mei 1949 di Odeon Cinema, Leicester Square, London. Film-film yang masuk ke dalam nominasi adalah film yang tayang pada periode 1947 sampai 1948. Ketika itu hanya ada tiga kategori pemenang award, yaitu Best British Picture, Best Film, dan Special Award. Best British Film hanya untuk film-film produksi dari Inggris sedangkan Best Films berasal dari film Inggris atau dari negara luar Inggris.

Perhelatan pertama tersebut memberikan Best Film untuk The Best Years of Our Lives, Best British Film untuk Odd Man Out, dan Special Award diberikan untuk sebuah film dokumenter yang berjudul The World is Rich. Award ini diberikan secara tahunan dan berlangsung hingga sekarang.

Kategori khusus untuk film animasi baru diadakan pada tahun 2006 atau edisi ke 60 dengan nama BAFTA Award for Best Animated Film. Perhelatan BAFTA Awards ke 60 yang berlangsung di Royal Opera House, Covent Garden, London, pada 11 Februari 2007 tersebut menciptakan sejarah baru dengan memasukkan kategori khusus film animasi. Film animasi pertama yang memenangkan BAFTA Awards for Best Animated Film adalah Happy Feet. Film animasi yang masuk nominasi tidak dibatasi hanya dari Inggris, tetapi dari seluruh negara termasuk Amerika Serikat. Sampai edisi yang ke 70, film-film animasi produksi Hollywood masih mendominasi daftar pemenang BAFTA Award.

Original Poster BAFTA edisi ke 70 (www.wikimedia.com)

Daftar pemenang BAFTA Award for Best Animated Film 2006 – 2016 adalah:

Tahun Pemenang
2006 Happy Feet
2007 Ratatouille
2008 WALL-E
2009 Up
2010 Toy Story 3
2011 Rango
2012 Brave
2013 Frozen
2014 The Lego Movie
2015 Inside Out
2016 Kubo and The Two Strings

 

Trofi BAFTA Awards (www.bafta.org)

_______

Referensi:

1st British Academy Film Awards, https://en.wikipedia.org/wiki/1st_British_Academy_Film_Awards

A Short History, http://www.bafta.org/heritage/history

BAFTA, http://www.bafta.org/about/organisation

BAFTA Awards for Best Animated Film, https://en.wikipedia.org/wiki/BAFTA_Award_for_Best_Animated_Film

British Academy Film Awards, https://en.wikipedia.org/wiki/British_Academy_Film_Awards

 

 

2 thoughts on “BAFTA

  1. When someone writes an paragraph he/she maintains the plan of a user in his/her brain that how a user can be aware of
    it. Thus that’s why this piece of writing is amazing.
    Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *