ASIFA

ASIFA

Sebagaimana sepakbola memiliki FIFA, film animasi juga memiliki asosiasi internasional yang dikenal dengan nama ASIFA (Association Internationale du Film d’Animation) atau International Animated Film Association. ASIFA berdiri di Annecy, Perancis pada tahun 1957 sebagai organisasi yang berisikan para seniman animasi. ASIFA kemudian menjadi anggota UNESCO sebagai organisasi yang berorientasi untuk pendidikan dan pengembangan film animasi. ASIFA merupakan organisasi nirlaba pertama di dunia yang didedikasikan khusus untuk seni animasi.

Setelah puluhan tahun berdiri, ASIFA telah memiliki sekitar 5 ribu anggota dan puluhan cabang yang tersebar di 55 negara. Cabang-cabang ASIFA memiliki keunikan dan aktivitas masing-masing sesuai dengan dinamika animasi di masing-masing negara cabang. Masing-masing cabang ASIFA memiliki perwakilan di dalam Dewan ASIFA. Dewan ASIFA ini termasuk juga Presiden, Wakil Presiden, Sekretaris Jendral, Bendahara, dan semua fungsionaris yang dipilih setiap tiga tahun. Pemilihan dilakukan oleh semua anggota Dewan ASIFA.

Di masa-masa awal berdirinya, anggota ASIFA hanya terdiri dari kalangan seniman animasi. Tetapi sekarang, anggota ASIFA terdiri dari banyak lintas kalangan. Para anggota ASIFA yang masuk Dewan ASIFA terdiri dari seniman animasi, produser, jurnalis, akademisi, direktur festival, para karyawan cabang ASIFA.

Sejak awal berdirinya, ASIFA telah melakukan dan mengadopsi berbagi aktivitas untuk meningkatkan antusiasme publik terhadap animasi. Dalam sepuluh tahun pertama usia ASIFA, berbagai festival animasi berhasil mereka adakan di Annecy, Zagreb, Hiroshima, Espinho, dan kota-kota di belahan dunia lainnya. Untuk meningkatkan promosi animasi, ASIFA menerbitkan ASIFA Magazine, majalah cetak pertama yang memiliki konten khusus animasi.

Mengikuti perkembangan teknologi informasi, ASIFA juga merambah wilayah online dengan meluncurkan official website www.asifa.net yang pengelolaannya berpusat di Vienna, Austria. Anggota ASIFA dari Austria, Thomas Renolder, yang menjadi editor website resmi ASIFA. Website ini memudahkan pertukaran informasi dengan berbagai komunitas animasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

ASIFA juga melakukan pengarsipan film-film animasi yang dilakukan oleh Animation Archive di Berlin bekerjasama dengan sebuah universitas di kota Babelsberg yang telah mentransfer banyak film ke dalam format VHS. Film-film tersebut tersimpan dalam arsip dengan baik dan bisa diakses oleh pelajar atau sejarahwan. Video-video tersebut juga beredar dengan bebas di lingkaran ASIFA dan anggotanya di seluruh dunia. Tarnsfer yang sekarang dilakukan dengan menggunakan format PAL. Di masa yang akan datang transfer film diharapkan bisa secepatnya dilakukan dengan format NTSC.

Sejak tahun 1982, ASIFA menjalankan program-programnya dengan lebih efisien dan berkelanjutan. ASIFA Workshop Group, yang terdiri dari workshop animasi anak-anak di lebih dari 30 negara dan masing-masing dijalankan oleh seorang animator profesional ASIFA, menghasilkan sebuah kolaborasi internasional setiap tahunnya. Film-film kolaborasi ini diciptakan oleh anak-anak mengenai tema-tema tertentu. Film-film animasi ini telah diputar pada berbagai festival dan stasiun televisi di berbagai negara. Kolaborasi ini berhasil menciptakan relasi anak-anak dari berbagai negara dan bersama-sama menciptakan hal yang penting bagi mereka.

Pada tahun 2002, untuk memperingati penayangan pertama Emile Reynaud’s Theatre Optique in Paris, yang dlangsungkan pada 28 Oktober 1892, ASIFA menyelenggarakan International Animation Day (IAD). IAD dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober yang mengambil tempat secara terpisah di berbagai kota di lebih dari 40 negara.

Dalam perayaaan IAD dilakukan pemutaran film animasi, workshop, konferensi, dan pameran. Tingkat perayaan di masing-masing kota atau negara berbeda-beda. Ada perayaan secara besar-besaran sampai seminggu lamanya, ada juga yang sekedar melakukan seremoni sederhana dengan melakukan pemutaran film atau pertemuan. Namun, bagi ASIFA yang terpenting dari IAD adalah partisipasi dari publik.

Salah satu even besar yang dilaksanakan oleh ASIFA adalah Annie Award yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh ASIFA-Hollywood. Even Annie Award berlangsung sebelum Academy Award, dan biasanya pemenang di Annie Award memiliki potensi besar untuk mendapatkan Academy Award for Best Animated Feature Film.

Baca –> Annie Awards

________

Referensi:

Michael Mallory, ASIFA-Hollywood’s First Fifty (Or So) Years, http://www.asifa-hollywood.org/about-us/history/

International Animation Day, http://www.asifa.net/what-we-do/iad/

Who We Are? http://www.asifa.net/who-we-are/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *