ASIFA•Hollywood

ASIFA•Hollywood

ASIFA-Hollywood merupakan organisasi nirlaba dan cabang dari ASIFA yang paling memiliki banyak aktivitas tahunan. ASIFA-Hollywood bahkan memiliki agenda tahunan international yang sangat prestisius, yaitu Annie Awards,  penghargaan tahunan untuk film animasi dalam berbagai kategori yang diselenggarakan sebelum Piala Oscar. ASIFA-Hollywood berdiri pada tahun 1957 dan berkantor pusat di Burbank Boulevard, Burbank, California. Para pendiri ASIFA-Hollywood adalah Les Goldman (produser, Bill Littlejohn (animator), June Foray (aktris, dan dubber pada Rocky the Flying Squirrel), Ward Kimball (salah satu petinggi Walt Disney), John Wilson (British animator), Carl Bell (animator), dan Herbert Kasower (profesor sinematografi). Tahun 1960, ASIFA-Hollywood turut serta menjadi anggota UNESCO.

ASIFA-Hollywood berjasa mengenalkan film-film animasi non Amerika kepada publik Amerika. Selain itu, film-film animasi non Amerika juga memperkaya perkembangan film animasi produksi Hollywood, baik dalam hal ide cerita, teknis pembuatan, dan pembuatan karakter-karakter baru.

Sejak awal berdirinya, ASIFA-Hollywood telah menjadi salah satu organisasi yang konsisten mempromosikan seni dan industri animasi. ASIFA-Hollywood bahkan berhasil membuat kanal tren animasi serta membuat insititusi, dan berhasil membangun beberapa jenis industri animasi. Animasi sel bahkan tidak dianggap sebagai koleksi seni sebelum ASIFA-Hollywood mulai menawarkannya ke publik.

Industri animasi Hollywood dan internasional mendapatkan manfaat yang sangat besar dari keberadaan ASIFA-Hollywood. Cabang ASIFA ini berada di tempat yang tepat dimana semua mata industri film animasi tertuju. Burbank, adalah bagian dari Hollywood yang menjadi kantor pusat Walt Disney. Dan, Hollywood secara keseluruhan adalah magnet utama industri film, baik film konvensional maupun animasi. Hampir semua studio animasi adalah anak perusahaan dari studio-studio besar yang telah lama menjadi kanal film-film Hollywood. Perkecualian tentu saja adalah Walt Disney yang berawal dari industri animasi dan kemudian melebarkan sayapnya ke bisnis film konvensional. DreamWorks Animation, yang baru muncul pada akhir 90-an, didirikan oleh mantan direktur Walt Disney.

Cabang ASIFA yang memiliki anggota terbesar adalah ASIFA-Hollywood, baik keanggotaan domestik maupun internasional. Penyebabnya tentu saja karena semua animasi yang paling populer diproduksi oleh studio-studio animasi yang berkantor di Burbank, yang juga menjadi tempat ASIFA-Hollywood Animation Center. Animation Center ini berisi berbagai arsip, museum, perpustakaan dan fasilitas penelitian, dan juga menjadi the ASIFA-Hollywood Animation Archive Project.

Beberapa misi yang dilakukan oleh ASIFA-Hollywood sekarang adalah:

  1. Mendukung dan mendorong pendidikan dalam bidang animasi.
  2. Mendukung keberlanjutan dan mengevaluasi industri animasi.
  3. Mencari bakat-bakat unggul dalam seni dan bidang animasi.
  4. Meningkatkan minat publik terhadap film animasi.
  5. Mendukung dokumentasi jurnalistik dan berbagai agenda animasi.
  6. Mendorong adanya komunikasi diantara para profesional dan non-profesional animasi.
  7. Mendukung pengembangan semua jenis dan bentuk animasi.

Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, ASIFA-Hollywood melakukan beberapa proyek, yaitu:

Annie Awards

Baca –>Annie Awards

Animation Archive

ASIFA-Hollywood memiliki fasilitas di Burbank, California, yang digunakan untuk melakukan pengarsipan, museum, dan perpustakaan yang ditujukan untuk seni animasi. Terdapat banyak relawan yang bekerja keras mendokumentasikan berbagai karya seni, kartun, dan bahan pendidikan  animasi ke dalam database animasi digital. Dokumen-dokumen ini bisa diakses oleh para seniman animasi, peneliti, dan para pelajar animasi. Saat ini sedang dilakukan upaya untuk mengoenksikan database ini ke semua universitas, perpustakaan, dan museum di seluruh dunia.

Animation Preservation Project

Di era sebelum tahun 1950-an, film animasi dicetak pada stok film nitrat yang tidak stabil, mudah terbakar, dan terdekomposisi dari waktu ke aktu. Hal ini membuat banyak film animasi klasik yang terancam rusak selamanya. Melalui Animation Preservation Project, ASIFA-Hollywood mencari dan menyelamatkan berbagai film animasi yang hampir punah serta menyelamatkan film-film animasi ini dalam bentuk dokumentasi yang lebih aman.

Animation Educator’s Forum

Proyek ini didedikasikan untuk melestarikan dan mempromosikan animasi melalui pendidikan. Anggota ASIFA-Hollywood yang memiliki latar belakang beragam dalam animasi dan pendidikan, memiliki fokus yang menyebarkan pengetahuan dan berbagi pengalaman dengan publik yang tergabung dalam komunitas animasi di seluruh dunia.

Member’s Events

Setiap tahun, para anggota ASIFA-Hollywood diundang dalam pemutaran khusus film animasi terbaru bersama para pembuat film film animasi. Terdapat juga agenda diskusi dan pemutaran film animasi klasik serta simposium pendidikan yang ditujukan bagi kalangan pelajar dan profesional.

Pada tahun 2016, ASIFA-Hollywood mendonasikan dana sebesar 20 ribu US Dollar kepada AMPAS (baca: The Academy) untuk membantu kurasi dan mendokumentasikan sebagian besar koleksi dari produksi asli seni animasi karya Richard William yang berjudul Thief and The Cobbler. Donasi ini dilakukan oleh Miramax (studio di Hollywood anggota ASIFA). Karya seni yang didikumentasikan  berupa ribuan sel sketsa, animasi pensil dan background berwarna, yang semuanya merupakan hasil kerja Richard William selama 20 tahun.

________

Referensi:

ASIFA-Hollywood, http://www.asifa-hollywood.org/about-us/history/

ASIFA-Hollywood, https://en.wikipedia.org/wiki/ASIFA-Hollywood

Mercedes Milligan, ASIFA-Hollywood Donates $20K to AMPAS, http://www.animationmagazine.net/features/asifa-hollywood-donates-20k-to-ampas/

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *