Animasi StopMotion

Animasi StopMotion

Animasi StopMotion

StopMotion telah ada sejak lama, jauh lebih tua dari film animasi tradisional yang komersil. Awalnya, animasi stopmotion melibatkan obyek-obyek animasi yang bersifat non-gambar, seperti mainan, blok, atau berbagai benda-benda mati lainnya. Kemudian, berkembang lagi dengan membentuk obyek-obyek animasi yang menggunakan animasi cel. Animasi cel adalah jenis animasi tradisional dalam proses pembuatan film kartun, yaitu setiap frame ke frame dari adegan digambar secara manual. Para animator kemudian mengembangkan stopmotion dengan menggunakan tanah liat dan boneka animasi.

Beberapa jenis contoh dari film stopmotion paling awal adalah The Humpty Dumpty Circus (1898) dan Fun in a Bakery Shop (1902). Dilanjutkan dengan The Haunted Hotel yang populer pada tahun 1907. Seorang animator wanita pertama, Helena Smith Dayton, pada tahun 1916 melakukan eksperimen dengan menggunakan tanah liat. Setahun kemudian, hasil eksperimennya menghasilkan film yang berjudul Romeo and Juliet.

Beberapa karya penting yang bersejarah dalam film-film stopmotion adalah:

  • Edwin Porter membuat The Teddy Bears, salah satu film animasi stopmotion paling awal. Sebuah film pendek tentang Teddy Bear yang berdurasi hanya beberapa menit. Untuk membuat film ini, Edwin membutuhkan waktu sampai 50 jam.
  • Willies O’Brien membuat film The Lost World yang menggunakan karakter 49 binatang purba dalam stopmotion. Film ini dianggap langkah besar dalam sejarah film animasi stopmotion.
  • Willies O’Brien membuat film yang berjudul Mighty Joe Young, yang sangat populer pad atahun 1945. Pembuatan film ini dengan melibatkan animator Ray Harryhausen. Pada tahun 1991, Ray Harryhausen mendapatkan penghargaan Gordon E. Sawyer Award dari Academy of Motion Pictures Arts and Sciences untuk kontribusinya dalam teknologi animasi.

Stopmotion bisa dibuat dengan beberapa teknik yang berbeda disesuaikan dengan karakter film yang dihasilkan. Beberapa jenis teknik animasi stopmotion yang dikenal adalah:

  • Claymation atau animasi tanah liat. Teknik ini dibuat dengan cara membuat obyek atau karakter animasi dengan menggunakan tanah liat. Teknik dengan tanah liat ini sempat populer sampai sekian tahun lamanya.
  • Cut out animation atau animasi guntingan. Teknik ini dilakukan dengan menggerakkan potongan lembaran dua dimensi. Dibutuhkan karakter datar, alat peraga, serta latar belakang dari bahan-bahan kertas, kartu, kain yang kaku, foto, atau benda-benda lainnya yang mendukung.
  • Graphic animation atau animasi grafis. Animasi jenis ini dibuat dengan cara menggunakan kamera atau foto.
  • Pixilation, merupakan jenis animasi stop motion yang menggunakan karakter hidup untuk subyek frame per frame-nya. Karakter atau aktor yang digunakan berpose berulang kali dan bergerak sedikit demi sedikit ke frame berikutnya.
  • Puppet animation atau wayang. Animasi stopmotion jenis ini secara klasik dimiliki oleh berbagai kebudayaan. Di Eropa dikenal dengan nama “marionet”, di Jawa dikenal dengan “wayang”.

Stopmotion telah mengalami banyak perubahan di abad ke 20. Meskipun mulai jarang digunakan, film animasi stopmotion masih diproduksi. Perusahaan film animasi seperti  Aardman menghasilkan beberapa film stopmotion seperti Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit, The Pirates! Band of Misfits, Shaun the Sheep Movie.

Memasuki era animasi 3D CGI, stopmotion memang lebih banyak ditemui dalam serial televisi untuk anak-anak, semisal Muppet, Gumby, atau Shaun The Sheep. Teknologi 3D membuat pengerjaan film-film animasi lebih mudah dengan hasil yang lebih baik.

Referensi:

A Brief History of Stop Motion Animation, http://www.stopmotioncentral.com/articles-5.html

Academy Award for Best Animated Feature, 

https://en.wikipedia.org/wiki/Academy_Award_for_Best_Animated_Feature

2 thoughts on “Animasi StopMotion

  1. A person essentially assist to make severely articles I would state. This is the very first time I frequented your web page and up to now? I amazed with the research you made to create this actual put up amazing. Magnificent task!

  2. Excellent blog right here! Also your web site lots up very
    fast! What web host are you using? Can I get your associate hyperlink in your host?

    I wish my site loaded up as quickly as yours lol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *