Animasi Dalam Industri Musik (Video Clip)

Animasi Dalam Industri Musik (Video Clip)

Salah satu bagian penting dari industri musik adalah video klip. Tidak hanya hanya kualitas musik dan lirik yang membuat lagu bisa populer, tetapi  kualitas video klip juga memiliki andil apakah sebuah lagu akan mendapatkan popularitas atau tidak. Video klip menjadi ujung tombak marketing sebuah lagu atau album. Munculnya MTV (Music Television) mendorong tumbuhnya industri video klip untuk kebutuhan promosi atau publikasi di televisi. Dan pada era kekinian, kanal Youtube menjadi ajang promosi lagu dengan masuknya berbagai video klip resmi.

Video musik atau yang juga populer dengan istilah video klip mulai populer pada tahun 1980-an. Ketika itu, David Bowie melakukan proyek fenomenal dengan merilis video klip untuk lagunya yang berjudul Ashes to Ashes. Video klip tersebut menghabiskan biaya yang cukup fantastis, yaitu sebesar US$ 500.000. Video klip “Ashes to Ashes” ini kemudian menjadi pemantik para musisi lainnya membuat video klip lagu-lagu mereka.

Jauh sebelum pembuatan “Ashes to Ashes”, sebenarnya sudah ada yang membuat video klip. Pada tahun 1894, Edward B. Marks dan Joe Stern mempekerjakan George Thomas untuk membuat promosi lagu yang berjudul “The Little Lost Child”. Thomas membuat proyeksi serangkaian gambar diam pada sebuah layar untuk simulasi secara langsung. Hasil kerja Thomas ini menjadi populer dan dikenal sebagai lagu bergambar. Dari karya George Thomas inilah cikal bakal video klip dimulai sekaligus menjadi sumber sejarah bahwa video klip pertama adalah menggunakan animasi.

Sedangkan kapankah video klip animasi di era industrial video musik bermula? Industri video musik berkembang pesat sejak kemunculan MTV. Setelah David Bowie merilis video klip “Ashes to Ashes”, musisi lainnya pun berlomba-lomba membuat video klip. MTV yang berdiri pada 1 Agustus 1981, menjadi chanel tempat ribuan video klip berkompetisi.

Tahun 1985, band rock Dire Straits asal Inggris merilis video klip untuk lagunya yang berjudul “Money for Nothing”. Dalam sejarah, inilah video klip pertama menggunakan animasi komputer yang tampil di MTV. Video klip dengan tampilan animasi 2D tersebut berdurasi selama  4:59 menit.. Seteleh “Money for Nothing” tayang di MTV, berbagai video klip animasi lainnya pun bermunculan.

 

Pada tahun 1995, band asal Irlandia, U2, merilis video klip untuk lagu mereka yang berjudul “Hold Me, Thrill, Kiss Me, Kill Me”. Lagu ini merupakan official soundtrack untuk film “Batman Forever”. Tahun 2009, U2 kembali merilis video klip animasi untuk lagu mereka yang berjudul “I’ll Go Crazy If I Don’t Go Crazy Tonight”. Dua video klip U2 ini semuanya dalam bentuk animasi 2D.

Sebagaimana perkembangan film animasi yang terbagi dalam kategori 2D, stopmotion, dan 3D CGI, video klip juga mengalami hal yang serupa. Animasi stopmotion juga turut ambil bagian industri video klip. Super metal band asal Brazil, Sepultura, merilis video klip animasi stopmotion untuk lagu mereka “Ratamahatta” pada tahun 1996. Animasi stopmotion jenis lego juga tampil sebagai video klip dalam lagu “Fell In Love With A Girl” milik band The White Stripes.

Bagaimana dengan animasi 3D? Popularitas animasi 3D CGI tentu saja membawa pengaruh dalam industri video klip. Pesatnya teknologi animasi CGI membuat sebagian musisi menggunakan teknis animasi 3D CGI untuk video klip lagu-lagu mereka. Tahun 2017, Shadowlark merilis video musik animasi 3D CGI yang berjudul “Control”.

Jauh sebelumnya, pada tahun 1993, Pet Shop Boys merilis video klip animasi 3D CGI yang berjudul “Go West”. Video klip ini sempat masuk nominasi Grammy Award dan sekaligus tercatat sebagai video klip pertama yang menggunakan teknologi CGI.

Animasi yang pada zaman awal perkembangan film dianggap sebagai genre minor dengan segmen pasar khusus anak-anak, kini berhasil memperlebar pengaruhnya hingga di luar wilayah film, seperti game dan video klip. Teknologi CGI memudahkan masuknya animasi ke wilayah non film. Namun, animasi tidak hanya teknologi CGI, teknologi stopmotion dan 2D masih berkembang hingga sekarang.

_______

Referensi:

Music Video, https://en.wikipedia.org/wiki/Music_video

Stopmotion in Music Videos, https://huehd.com/stop-motion-music-videos/

The 15 Geekiest Music Videos – Ever, http://www.mtv.com/news/2629278/15-geekiest-music-videos-ever/

The 25 Greatest Animated Music Videos, http://www.creativebloq.com/animation/best-animated-music-videos-912838

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *